Rabu, 12 Sep 2018 16:30 WIB

Indonesia Modification Expo 2018 Serap 70 Persen Industri Lokal

Luthfi Anshori - detikOto
Mobil modifikasi. Foto: Khairul Imam Ghozali Mobil modifikasi. Foto: Khairul Imam Ghozali
Jakarta - Indonesia Modification Expo (IMX) 2018 yang diselenggarakan November mendatang bakal diikuti sebagian besar industri komponen aftermarket lokal.

"Sesuai tujuan kami ingin membangkitkan pride lokal, acara ini diikuti sekitar 40-an merek aftermarket dalam negeri. Jika dipersentasekan dengan komponen impor, sekitar 70 banding 30 persen lah," ujar Andre Mulyadi, founder NMAA, yang menginisiasi IMX, di Jakarta, Rabu (12/9/2018).

Menurut Andre, industri otomotif lokal Indonesia sebenarnya tidak kalah saing dengan produk buatan luar negeri. "Untuk part-part Plug n Play mobil, seperti bodykit, itu kita sudah bisa buat," terangnya lagi.



Selain untuk mempromosikan komponen lokal, alasan untuk mengikutsertakan banyak komponen aftermarket lokal juga disebabkan karena melemahnya nilai tukar rupiah dan kebijakan pemerintah soal kenaikan pajak impor.

Seperti diketahui, Peraturan Pemerintah soal kenaikan PPh (Pajak Penghasilan) impor, mencapai 10 persen, sementara nilai tukar rupiah terhadap dolar, beberapa waktu lalu hampir menyentuh angka Rp 15.000.

"Ya, karena alasan itu kita akhirnya sedikit menahan diri memakai part-part impor ya. Untungnya, kami jauh-jauh hari sudah melakukan order terhadap beberapa barang impor. Jadi dampaknya tidak terlalu," terang Andre.



IMX 2018 mengolaborasikan beberapa industri otomotif. Mulai dari kalangan modifikator, merek-merek aftermarket, APM, hingga komunitas. Juga melibatkan praktisi dari Amerika Serikat dan Jepang.

Beberapa APM dan merek aftermarket yang sudah mengonfirmasi kehadirannya adalah, Suzuki, Datsun, Pioneer, Alpine, Yoong Motor, Autovision, Laris Chandra, A-Max, Art Custom Work, dan masih banyak lainnya.

"Kami berharap Indonesia Modification Expo bisa menjadi barometer kegiatan dan industri modifikasi Indonesia ke depannya. Sebab ini merupakan pameran modifikasi (mobil) pertama dan terbesar yang menggabungkan semua potensi industri otomotif dalam negeri. Kami mohon doanya, semoga kegiatan ini bisa berjalan lancar," pungkas Andre. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed