Rabu, 12 Sep 2018 09:19 WIB

Modif Mobil LCGC Harian Jangan Berlebihan

Ridwan Arifin - detikOto
Modifikasi DAihatsu Ayla di Kontes Indonesia Automodified. Foto: Rangga Rahadiansyah Modifikasi DAihatsu Ayla di Kontes Indonesia Automodified. Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta - Bagi pemilik mobil low cost green car (LCGC) seperti Toyota Calya, Daihatsu Sigra, Honda Brio Satya, Daihatsu Ayla, Toyota Agya, Datsun GO+ dan Go, serta Suzuki Karimun Wagon R tampaknya jangan memiliki harapan lebih saat menuangkan konsep modifikasi. Dimensi mobil yang kecil menjadi salah satu alasan untuk tidak berlebihan dalam memodifikasi.

Namun bila tetap ingin memodifikasi ada baiknya memperhatikan tips yang diberikan oleh Sony Yudhanto, pemilik bengkel LA Custom yang bermarkas di Jl Raya Lenteng Agung No. 16 H, Jakarta Selatan. Bengkel tersebut sudah berdiri sejak tahun 2002 dan melayani berbagai jenis mobil modifikasi, termasuk LCGC.



Sony mengatakan, untuk modifikasi mobil LCGC ubahan lebih baik ke arah fungsional, dan wujud asli mobil tidak hilang. Tidak memakan biaya besar tapi tetap bisa enak dikendarai.

"LCGC itu karena dia mesinnya kecil, bobotnya ringan saya menyarankan modifikasinya jangan terlalu berat, pelek jangan terlalu besar, body kit jangan terlalu gondrong, karena nanti makna LCGC akan tersingkirkan, kalau dipaksakan kelihatan boyo banget jadinya," ucap Sony.

Ubahan lain yang mungkin pada jenis mobil LCGC, lanjut Sony, dengan melakukan pengecatan di bagian bodi atau pelek. Kemudian untuk mempercantik bisa ditambahkan aksesori seperti spoiler.



"Modifnya ringan-ringan saja, seperti pakai spoiler spoiler sedikit boleh, pelek naik 1 sampai 2 inci masih boleh kalau bisa peleknya original," tutur Sony.

Lebih lanjut, pria yang juga memiliki bisnis penyewaan truk ini mengungkapkan bahwa bengkelnya dapat melayani Cat Oven, modifikasi, Custom Paint, Custom Body, Body Kit, Metal Work, Fiber Work hingga Air Brush.

Untuk pengecatan bagian luar mobil standar atau warna cat sesuai dengan warna asli bawaan STNK, LA Custom mematok harga Rp 9 juta dengan waktu pengerjaan seminggu. Sementara untuk pengecatan bagian luar dan dalam dikenakan harga Rp 12 juta.

"Tapi kalau cat bunglon harga beda lagi. Kita itung-itungan lagi. Mungkin bisa sampai 20 juta," tambah Kepala Bengkel LA Custom, Rizal.



Cek video Mobil Tua Bisa Disulap Jadi Gaul

[Gambas:Video 20detik]

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed