Rabu, 05 Sep 2018 14:18 WIB

Memilih Perangkat Audio yang Ingin Dipasang pada Mobil

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Rizki Pratama Foto: Rizki Pratama
Jakarta - Modifikasi mobil tidak hanya dilakukan pada desain interior, eksterior, dan dapur pacu. Sarana hiburan audio visual juga menjadi salah satu sasaran pecinta otomotif untuk dirombak. Beberapa tahun belakangan ini bahkan mulai banyak kontes audio mobil diselenggarakan.

Bagi anda yang suka musik, meningkatkan output pengeras suara pada mobil adalah salah satu cara mendapatkan kualitas suara terbaik dari musik yang didengar. Secara garis besar ada 2 jenis pemasangan audio pada mobil berdasarkan hasil suara yang dihasilkan. Kriteria ini juga sering digunakan dalam penilaian konters audio mobi.

"Untuk penilaian biasanya tergantung audio yang dipasang seperti apa, ada Sound Pressure Level (SPL) dan Sound Quality level (SQL)," ujar Pemilik bengkel audio Le Mans, Sihwaningsih. Model SPL identik dengan suara bass yang dominan, sedangkan SQL lebih seimbang antara speaker dengan subwoofer.



Selain penambahan speaker dan subwoofer tak jarang bagi pemilik mobil yang suka bernyanyi menambahkan fasilitas karaoke pada mobil mereka seperti yang sering ditampilkan pada acara TV Carpool Karaoke. Untuk pemasangan audio paling murah banyak produk pemutar musik sekaligus karaoke yang tinggal pasang dan disambungkan pada microphone dengan harga sekitar Rp 1,5 juta saja.

"Tentunya dengan harga segitu tidak menghasilkan kualitas yang terlalu bagus, kalau mau lebih enak lagi bisa tambah pre amp untuk karaoke," ujar Sihwaningsih.

Kesulitan pemasangan audio biasanya terjadi saat memasukkan kabel seperti pada mobil Eropa. Permintaan pelanggan pada bengkel biasanya berbeda antara mereka yang benar-benar penikmat musik dengan mobil yang hanya digunakan untuk kontes modifikasi. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com