Senin, 16 Jul 2018 15:45 WIB

Indonesia Automodified

Honda Jazz, Rajanya Modifikasi Bali

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Honda Jazz Indonesia Automodified Bali Foto: Khairul Imam Ghozali Honda Jazz Indonesia Automodified Bali Foto: Khairul Imam Ghozali
Jakarta - Modifikasi stance, rocket bunny, atau ekstrem mungkin sudah sering ditemukan, tapi tidak untuk konsep modifikasi futuristik. Adalah Agung Esa, peserta Indonesia Automodifed (IAM) Bali 2018 lalu, yang mengubah Honda Jazz-nya menjadi canggih seperti mobil masa depan.



Pria asli Pulau Dewata itu sengaja menerapkan konsep futuristik karena ingin berbeda dari yang lainnya, juga ingin terus meningkatkan level modifikasi-nya.

"Karena kemarin mobil ini (dimodif) ekstrem terus pengen di up, up, up, muncul lah ide mobil masa depan ini," ujar Agung kepada detikOto, di sela-sela kontes modifikasi Indonesia Automodified di Denpasar, Bali.

Konsep futuristik dapat terlihat dari seluruh bagian. Dimulai dari eksterior, karakter mobil futuristik terlihat dari pengguanan warna red yellow candy xirallic yang dikawinkan dengan airbrush grapichs diamond cut.



"Seperti 3D gitu jadinya," ucap Agung.

Lalu bodi mobil yang seluruh bagiannya dikustom oleh Agung, mulai dari pintu samping gullwing, sun roof kustom yang dapat digeser ke atas, kap mesin kustom, hingga teknologi finger print untuk membuka pintu.

"Headlamp pakai Jazz GK.5 yang baru, terus stop lamp pakai Honda CRZ, terus pemotongan pilar A dan B diturunkan sekian cm," papar Agung.



Sedangkan untuk bagian dalam mulai dari stirnya yang diubah seperti setir pesawat terbang, jok mewah yang dapat berputar ke samping, hingga head unit yang mampu mengoperasikan mobil.

"Head unit pakai smart head unit, Blaupunkt android version, jadinya pengoperasain mobil ini bisa dari headunit juga, dan bisa dari gedget juga, untuk entertaiment, nyalain mesin, operasional semau bisa dari head unit dari gadget juga, aplikasi gitu," kata Agung.

"Kalau kayak teknologinya itu ada WiFicontrol 8 CH, finger print start engine, android operated, android speedometer, sama OBD 2 scanner," lanjutnya.

Mesin dan kaki-kaki pun tak luput untuk diubah jadi lebih bergaya futuristik. "Mesin saya ganti turbo kit sage kustom, coilover D2, pelek depan garson deep racing ryugi 10,5/19 inci belakang 12,5/19 inci kustom." ujar Agung.

Tidak salah dengan konsep modifikasi yang turut memperlihatkan teknlologi seperti mobil masa depan, Agung dengan bengkelnya yakni DHM menyabet gelar King Players di ajang kontes modifikasi IAM.

"Rasanya senang, bangga, mudah-mudahan bisa menang lagi," ucap Agung (khi/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com