Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 27 November 2017, 07:15 WIB

International Automodified

Mobil Modifikasi Pilihan detikcom

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mobil Modifikasi Pilihan detikcom 300 Mobil Modifikasi Ramaikan IAM MBtech 2017. Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Di ajang Final Battle International Automodified (IAM) MBtech 2017, detikcom turut meramaikan. Kali ini, redaksi detikcom memberikan penghargaan kepada beberapa mobil modifikasi terpilih lewat detikcom Editor's Choice.

Ada beberapa penilaian dari redaksi detikcom. Kriteria penilaian di antaranya adalah keunikan, kreativitas, kesulitan dalam memodifikasi dan likers terbanyak di akun instagram detikOto.

Siapa saja pemenangnya? Yang pertama adalah mobil Yaris modifikasi dari bengkel Kupu-Kupu Malam. Yaris beroda 8 ini bisa dioperasikan pakai remote control. Mobil bernama Bodrex Project 9 ini merupakan Toyota Yaris yang dimodifikasi ekstrem. Kini, Yaris itu tak lagi beroda empat melainkan jadi punya delapan roda.

Modifikasi Yaris 8 RodaModifikasi Yaris 8 Roda Foto: Rangga Rahadiansyah


Kerumitan dalam memodifikasi mobil ini adalah pengaplikasian remote control, audio, monitor. Selain itu, memodifikasi sasis mobil ini juga merupakan kesulitan tersendiri.

Biaya yang telah dihabiskan untuk memodifikasi ini secara pasti belum bisa dipastikan. Tapi, diperkirakan mencapai Rp 1 miliaran.

Yang kedua adalah mobil Lamborghini Aventador milik Raffi Ahmad yang dicoret-coret. Modifikasi Lamborghini Aventador ini dikerjakan oleh tim modifikasi Hanggar Auto Workshop dan SkyRacing.

Modifikasi Lamborghini Raffi AhmadModifikasi Lamborghini Raffi Ahmad Foto: Ruly Kurniawan


Aventador berwarna putih milik Raffi berganti rupa menjadi Dark Green Centenario. Uniknya, kelir yang dinilai sangat jarang berada di Lamborghini Aventador ini dilakukan hand painting alias 'corat-coret' yang selesai dalam 1 hari.

Tidak hanya di bagian luar saja, mobil Raffi ini juga diubah mulai dari interior hingga mesinnya. Aksesoris khusus pun tersemat di sana.

Konsepnya menggabungkan 3 mobil yakni Lamborghini Huracan, Aventador SV, dan Centenario. Seperti speedometer, cat, setir, bagian engine, dan banyak lagi.

Total pengerjaan mobil mencapai 2 bulan. Otolovers bisa tebak harga modifikasi dari Aventador 'gila' ini? Meskipun enggan untuk dibocorkan, ada kabar bahwa Raffi mengeluarkan isi dompetnya sekitar Rp 1 miliar. Sampai berita ini ditulis, mobil belum ia lihat hasil jadinya.

Yang ketiga adalah Toyota 86 bermesin Corvette. Mobil ini cukup unik karena menyingkirkan mesin standar Toyota 86 dan menggantikannya dengan mesin Corvette, mesin V8 6.200 cc. Selain itu, bodi mobil juga berbalut serat karbon sepenuhnya yang dicat warna merah candy.

Toyota 86 Bermesin CorvetteToyota 86 Bermesin Corvette Foto: Dadan Kuswaraharja


Menurut buildernya, kesulitan memodifikasi mobil ini adalah saat menginstalasi mesin. Selain itu pengaplikasian serat karbon juga menjadi tantangan tersendiri karena mobil ini pakai karbon satu alur di seluruh badannya. Semua alur serat karbon mengarah ke satu arah.

Updated

Sementara untuk versi pemenang dari panitia pun tak jauh berbeda. Gelar King jatuh ke Toyota 86 (mendapatkan hadiah Rp 5 juta), dengan King Nominee Lamborghini dan Toyota Yaris Kupu-kupu malam (masing-masing mendapatkan Rp 2 juta.

Namun Toyota Yaris mendapatkan satu lagi gelar yakni Champion Car berkat perolehan poin yang mereka dapat dari seri ke seri, poin yang mereka dapat mencapai 1.770 sehingga mendapatkan US$ 1.770. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed