Mulus.. Mbah Uyut Honda Civic Mejeng di Jakarta

ADVERTISEMENT

Mulus.. Mbah Uyut Honda Civic Mejeng di Jakarta

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 22 Jan 2023 18:42 WIB
Honda Civic generasi pertama
Honda Civic Generasi Pertama Foto: Honda Prospect Motor
Jakarta -

Honda Civic generasi pertama modelnya hatchback. Mobil itu diproduksi antara 1972 hingga 1979 di Jepang. Nah, mobil yang mendapat julukan Civic Bongkok ini mejeng di Dreams Café Powered by Honda, Mall Senayan Park, Jakarta Selatan mulai tanggal 15 Januari sampai 19 Februari 2023.

Civic Bongkok, julukan itu disematkan pada Honda Civic generasi pertama. Hal ini lantaran bentuk belakangnya seperti orang membungkuk.

Menilik bagian eksteriornya masih terlihat mulus dengan cat hijau, plus aksen chrome di area bumper depan-belakang, list pintu. Jika mengamati mobil ini, mungkin saja bakal mengulang memori era Jakarta di 1970-an. Sebab masuk ke dalam interiornya pun terlihat masih oke, bahkan fitur-fitur mobil lawas seperti pemantik api, tuas AC, hingga bukaan kaca engkol masih dipertahankan.

Honda Civic generasi pertamaHonda Civic generasi pertama Foto: Honda Prospect Motor

Di balik dapur pacunya, Honda Civic generasi pertama menggunakan mesin berkapasitas 1.200 cc dengan empat silinder segaris yang mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 50 hp.

Fitur keamanan, Honda Civic generasi pertama ini sudah dilengkapi dengan rem cakram depan, wiper belakang. Mobil penggerak depan ini merupakan mobil Honda pertama yang memiliki pilihan transmisi manual serta otomatis.

Honda Civic generasi pertamaInterior Honda Civic generasi pertama Foto: Honda Prospect Motor

Honda Civic pertama kali diproduksi dan dijual di pasar Amerika Serikat pada tahun 1974 dimana telah dilengkapi oleh mesin baru yaitu CVCC (Compound VortexControlled Combustion). Dengan penggunaan mesin tersebut mampu meningkatkan performa mesin menjadi 52 hp serta memberikan efisiensi bahan bakar dan emisi yang lebih ramah lingkungan.

Honda Civic generasi pertama juga merupakan model Honda pertama yang menggunakan emblem RS di tahun 1974, desain mobilnya dibuat lebih sporty. Peningkatan tidak hanya desain mobil namun juga pada performa mesin dimana Honda Civic RS generasi pertama ini sudah menggunakan transmisi lima percepatan serta mesin yang bertenaga dibandingkan dengan versi standar. Honda Civic RS generasi pertama ini telah diproduksi sebanyak 20.000 unit di seluruh dunia.

Pada tahun 1976, Honda Civic generasi pertama mulai dijual di Indonesia dan telah memiliki pengguna yang sangat loyal di Indonesia. Hingga saat ini Honda Civic sudah melalui sebelas generasi dan pada tahun 2022 lalu Honda Civic merayakan 50 tahun. Beberapa model setelah Honda Civic generasi pertama di antaranya; Civic Excellent, Civic Wonder. Grand Civic, Civic Nouva, Civic Genio, Civic Estilo, Civic Ferio, dan selanjutnya masuk generasi Civic ketujuh hingga sebelas.



Simak Video "Bukan LCGC atau MPV, Masa Depan Mobil di Indonesia Bergerak ke SUV"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT