Sudah Dikenalkan, Kenapa Truk Listrik Hino Belum Dijual di Indonesia?

ADVERTISEMENT

Sudah Dikenalkan, Kenapa Truk Listrik Hino Belum Dijual di Indonesia?

Septian Farhan Nurhuda - detikOto
Kamis, 19 Jan 2023 15:15 WIB
Hino Dutro Z EV meluncur di GIIAS 2022
Kenapa truk listrik Hino Dutro Z EV belum dijual di Indonesia? Foto: Septian Farhan Nurhuda/detikoto
Jakarta -

PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) telah mengenalkan truk listrik mini bernama Hino Dutro Z EV di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2022 lalu. Meski demikian, hingga kini kendaraan tersebut belum dijual di Tanah Air.

Seno Wirdiyawantoro selaku Product Division Head HMSI menegaskan, pihaknya bisa saja menjual Hino Dutro Z EV di Indonesia. Namun, kendaraan tersebut sementara didesain untuk pasar Jepang.

"Sebenarnya, enggak susah membawa Dutro Z EV ke sini. Tapi, masalahnya, kendaraan itu sudah didesain untuk kondisi environment (lingkungan) di Jepang," ujar Seno saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Rabu (18/1/2023) kemarin.

Hino Dutro Z EV meluncur di GIIAS 2022Hino Dutro Z EV meluncur di GIIAS 2022 Foto: Septian Farhan Nurhuda/detikoto

Menurut Seno, untuk menjual kendaraan komersial bertenaga listrik di Indonesia, ada sejumlah studi yang perlu dilakukan. Sebab, produk tersebut masih terbilang baru dan kurang familiar di telinga sejumlah orang.

"Nah..., itu kalau mau dilepas di sini, selain soal peminat, yang kedua kami harus tes dulu. Genangan air lah, debu, panas dan segala macam," ungkapnya.

Meski demikian, Seno menegaskan, suatu hari nanti Hino pasti akan menjual truk listrik di Indonesia. Namun, apakah itu Dutro Z EV atau model lain yang dimensinya lebih besar, dia tak mengungkapnya.

"Menurut pendapat pribadi saya, itu (menjual truk listrik) hanya menunggu waktu saja. Elektrifikasi itu keniscayaan dan kita enggak bisa menghindari itu," kata Seno.

Tentang Truk Listrik Hino Dutro Z EV

Diketahui, Dutro Z EV yang diposisikan Hino sebagai 'future product' tersebut memiliki fitur quick charging yang memungkinkan baterai terisi penuh hanya dalam waktu sejam.

Kendaraan niaga tersebut menggunakan baterai lithium ion dengan kapasitas 40kWh yang bisa menempuh jarak 100 kilometer dalam kondisi penuh dan memiliki daya angkut sekira 1 ton.

Truk listrik Hino Dutro Z EVTruk listrik Hino Dutro Z EV Foto: Dok. Hino

Model Hino Dutro Z EV dibuat walkthrough seperti van, jadi sangat memudahkan pengemudi untuk mengambil barang di boks belakang. Truk ini merupakan solusi dari Hino untuk last mile logistic, yakni pengiriman atau pengantaran barang di jalan-jalan yang cenderung sempit.

Kendaraan tersebut dibekali sejumlah fitur kekinian seperti pre-collision safety (PCS), electric parking brake, clearance sonar, erroneous start prevention function, lane departure warning system (LDWS), dan masih banyak lagi.



Simak Video "Hino 'Cek Ombak' Pasar Indonesia dengan Dutro Z EV"
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT