Sudah 3 Juta Unit Mobil Suzuki 'Lahir' di Indonesia

ADVERTISEMENT

Sudah 3 Juta Unit Mobil Suzuki 'Lahir' di Indonesia

Dina Rayanti - detikOto
Kamis, 19 Jan 2023 08:51 WIB
Produksi ke 3 juta unit Suzuki
Suzuki sudah melahirkan 3 juta unit mobil di Indonesia sejak tahun 1976. Foto: PT Suzuki Indomobil Motor
Jakarta -

Sudah ada 3 juta unit mobil Suzuki yang 'lahir' di Indonesia. Tercatat sejak tahun 1976 hingga Desember 2022, Suzuki telah memproduksi 3 juta unit mobil di pabriknya.

Sekadar kilas balik, PT Suzuki Indomobil Motor perdana memulai kiprah produksinya di Tanah Air lewat model Carry ST20. Suzuki Carry T20 merupakan kendaraan niaga ringan sekaligus menjadi salah satu tulang punggung Suzuki.

Hingga saat ini, Carry pun masih eksis dan menjadi andalan Suzuki. Kendaraan niaga bukan satu-satunya mobil yang diproduksi di Tanah Air.

Seiring dengan perkembangan teknologi, Suzuki juga memproduksi ragam model mobil penumpang untuk memenuhi kebutuhan pasar otomotif domestik dan luar negeri hingga saat ini. Misalnya APV, Carry, Ertiga, XL7, hingga Ertiga hybrid diproduksi di pabrik Suzuki. Ertiga hybrid juga sekaligus menjadi unit ke 3 juta yang diproduksi Suzuki.

"Suzuki memulai kiprah di industri otomotif Indonesia sejak 1976, berbekal sistem produksi konvensional yang masih menggunakan teknologi manual hingga kini Suzuki bertransformasi mengadopsi teknologi terbaru yang canggih dan robot penggerak yang terintegrasi untuk memproduksi berbagai unit kebanggaan Suzuki. Harapannya, pencapaian Suzuki ini tidak berhenti sampai disini namun bisa tetap eksis dan berkembang meningkatkan produksi dan menghadapi tantangan dalam mewujudkan misi perusahaan dalam jangka panjang," jelas Active Deputy Director Manufacturing PT SIM, Yudonendito dalam siaran persnya.

Guna menunjang kegiatan produksi yang berkualitas dan konsisten dalam jangka waktu panjang, PT SIM memiliki fasilitas produksi dan perakitan di Tambun serta Cikarang yang didukung oleh para tenaga kerja profesional yang saat ini sudah mencapai lebih dari 5.000 karyawan.

Kedua fasilitas Tambun dan Cikarang ini berperan penting bagi Suzuki dalam menciptakan mobil dan motor serta komponen untuk pasar domestik maupun global hingga dapat diekspor ke-80 negara di seluruh dunia.

"Sesuai dengan misi perusahaan yang kita jalani, yaitu menghadirkan produk dan layanan berkualitas tinggi berorientasi kepada konsumen, Suzuki secara aktif dan konsisten selalu berkomitmen untuk memberikan yang terbaik hingga akhirnya berhasil mencapai momentum bersejarah akumulasi produksi mobil ke-3 juta unit. Dengan pesatnya perkembangan bisnis Suzuki ini yang tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, kami tentu sangat mengapresiasi dan berterima kasih setinggi-tingginya kepada seluruh karyawan, mitra bisnis, diler, konsumen dan Pemerintah Indonesia atas segala dukungan dan kepercayaannya terhadap Suzuki hingga kami sekarang bisa sampai di titik ini," kata Presiden Direktur PT SIM Shingo Sezaki.



Simak Video "Ertiga Bertahta! Ini Daftar Mobil Hybrid Terlaris Hingga September 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT