Daihatsu Ayla Turbo Bakal Meluncur Tahun Ini?

ADVERTISEMENT

Daihatsu Ayla Turbo Bakal Meluncur Tahun Ini?

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 18 Jan 2023 17:20 WIB
Daihatsu Ayla Turbo
Daihatsu Ayla Turbo. Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta -

Beredar rumor Daihatsu Ayla versi mesin turbo akan diperkenalkan di Indonesia tahun ini. Mesin Ayla terbaru ini kabarnya akan menggunakan teknologi turbo seperti yang dipakai di model Daihatsu Rocky dan Toyota Raize. Bagaimana Daihatsu Indonesia menjawab rumor tersebut?

Daihatsu Ayla sudah hampir berusia 10 tahun di Indonesia. Mobil LCGC (Low Cost Green Car) berbentuk hatchback ini jadi salah satu pemain utama di segmen mobil LCGC, yang dihuni oleh Honda Brio dan Toyota Agya.

Menurut informasi di akun Instagram @indra_fathan, Daihatsu Ayla bakal mendapat penyegaran tahun ini, dengan ubahan besar-besaran di aspek mesin melalui pemakaian teknologi turbo.

Kabarnya, Ayla dan kembarannya Agya akan mendapatkan paket mesin 1.000 cc turbo 1KR-VET dan 1.200 cc NA WA-VE seperti kepunyaan saudara kembar Raize-Rocky. Tak hanya itu, Ayla dan Agya terbaru juga disebut akan dibekali opsi transmisi otomatis CVT dan manual.

Menjawab rumor tersebut, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director Astra Daihatsu Motor (ADM), Sri Agung Handayani, masih irit bicara. Agung belum mau berkomentar mengenai isu tersebut.

"Saya nggak bisa jawab ya, karena nggak tahu apakah turbo atau nggak, soalnya itu kabarnya bukan dari saya," kata Agung kepada wartawan di Jakarta, Selasa (17/1/2023).

Kilas balik ke belakang, ADM sendiri sebelumnya pernah membuat mobil konsep Daihatsu Ayla bermesin turbo. Mobil ini bahkan sudah diperkenalkan ke publik pada 2018 di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Saat itu, mesinnya mengusung 1.200 cc, dual VVT-i, yang dipasangi turbo. Mesin itu bisa menghasilkan tenaga buas hingga 197 dk.



Simak Video "Januari-Agustus 2022, Model Daihatsu Mana yang Paling Diincar?"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT