Suzuki Mau Bikin Crossover Berpenggerak 4 Roda, Seperti Apa Wujudnya?

ADVERTISEMENT

Suzuki Mau Bikin Crossover Berpenggerak 4 Roda, Seperti Apa Wujudnya?

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 28 Des 2022 18:18 WIB
Rendering Suzuki Baleno versi crossover
Rendering Suzuki Baleno versi crossover (Foto: SRK Design)
Jakarta -

Crossover menjadi pasar yang begitu seksi saat ini. Banyak pabrikan menghadirkan varian crossover berbasis model yang sudah eksis di pasaran. Cara itu juga bakal diikuti Suzuki yang kabarnya bakal melahirkan Baleno versi crossover dengan nama Flash atau Blaze.

Dikutip dari laman Cartoq, Maruti Suzuki India Limited (MSIL) sedang mengerjakan crossover yang akan didasarkan pada platform Baleno dan terinspirasi oleh model Grand Vitara. Mobil ini disebut-sebut akan diluncurkan bulan Januari 2023.

Yang menarik, Suzuki Baleno versi crossover ini disebut-sebut menggunakan sistem penggerak All Wheel Drive (AWD) atau 4 roda. Sistem penggerak ini sebelumnya dipakai oleh Grand Vitara, termasuk kembarannya, Toyota Urban Cruiser Hyryder.

Baleno crossover akan hadir dengan desain grille depan besar, desain lampu depan terpisah, juga lampu LED di pintu bagasi. Mobil ini juga akan terlihat mirip dengan Grand Vitara yang baru dirilis.

Sementara bicara aspek dapur pacu, Suzuki Blaze atau Flash ini dapat menggunakan mesin bensin 1,2 liter, 4 silinder K12C, seperti yang digunakan Baleno saat ini. Mesin itu mampu menghasilkan tenaga 88 dk dan torsi 113 Nm. Adapun pilihan transmisinya yakni manual 5 percepatan atau gearbox otomatis (AMT).

Alternatif lainnya adalah mesin bensin turbo 1 liter, 3 silinder, yang bisa menghasilkan tenaga 110 dk dan torsi 170 Nm. Mesin itu dikawinkan dengan transmisi manual lima percepatan.

Jika nantinya Suzuki Baleno crossover ini jadi diluncurkan, maka ia akan bermain sendirian di segmennya. Maklum para kompetitor di segmen ini seperti Hyundai i20 Active, Volkswagen Cross Polo, dan Fiat Avventura, sudah tidak lagi dijual di pasaran India. Tapi kemungkinan besar, Baleno crossover bisa bersaing di segmen SUV sub empat meter dan menantang Tata Punch, Renault Kiger, dan Nissan Magnite.

Suzuki Grand VitaraSuzuki Grand Vitara Foto: Maruti Suzuki



Simak Video "Review Suzuki New Baleno: Murah, Irit, Enak! City Car Paling Worth It Nih"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT