Ini Strategi Bisnis Astra Otoparts buat 'Sambut' Era Kendaraan Listrik

ADVERTISEMENT

Ini Strategi Bisnis Astra Otoparts buat 'Sambut' Era Kendaraan Listrik

Yudistira Perdana Imandiar - detikOto
Jumat, 09 Des 2022 19:03 WIB
Astra Otoservice
Foto: Astra Otoservice
Jakarta -

Munculnya era kendaraan listrik bakal menghadirkan disrupsi buat industri otomotif. Oleh sebab itu, PT Astra Otoparts Tbk sudah menyiapkan arah bisnis untuk menyambut era baru kendaraan listrik.

Direktur PT Astra Otoparts Tbk Yusak Kristian mengatakan pihaknya segera menghadirkan layanan pengisian baterai di gerai Otoservice. Hal ini merupakan bagian dari spirit 'Shop&Drive Keep Moving Forward' untuk menyambut tahun 2023.

"Sebagai langkah awal dari inisiatif invoasi tersebut, pada akhir Desember 2022 kami akan menghadirkan Astra Otopower yaitu jaringan pengisian kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) di gerai-gerai Astra Otoservice terlebih dulu. Ke depannya kami akan mengembangkan jaringan Astra Otopower di berbagai lokasi untuk menjawab kebutuhan pengguna mobil listrik," jelas Yusak di Jakarta, Jumat (9/12/2022).

Yusak menerangkan tempat pengisian baterai merupakan sarana penunjang utama buat pengoperasian kendaraan listrik. Astra Otoparts melihat hal tersebut sebagai peluang bisnis baru yang dapat dijajaki.

"Jadi yang pasti dikonsumsi oleh mobil listrik adalah listrik sehingga itu sebabnya dari sekarang kita sudah masuk dengan Astra Otopower. Karena konsep kami tetap mencari (produk) consumable," terang Yusak.

Yusak menjabarkan perawatan berkala mobil listrik lebih sederhana dari mobil bermesin konvensional. Suku cadangnya pun lebih sederhana. Tapi, kata dia, mobil listrik tetap membutuhkan aki yang notabene salah satu produk yang disediakan oleh Astra Otoparts.

"Baterai 12 volt yang kita gunakan hari ini masih akan ada (di mobil listrik). Kita nggak pernah tahu teknologinya nanti arahnya ke mana. Tapi mobil-mobil listrik yang ada hari ini masih menggunakan aki 12 volt yang seperti hari ini kita punya di GS Astra. Kita ikuti terus, jadi apapun yang jadi consumable (mobil listrik) kita harap bisa ikut sebagai pemain di situ," papar Yusak.

"Dan juga nanti mudah-mudahan beberapa Astra Otoservice bisa secara bersamaan menghadirkan Astra Otopower. Jadi mobil listrik yang sudah beredar bisa charge di Astra Otoservice yang sudah punya Astra Otopower," ujarnya.

(fhs/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT