Sempat Ketinggalan, Honda HR-V Tinggalkan Jauh Hyundai Creta

ADVERTISEMENT

Sempat Ketinggalan, Honda HR-V Tinggalkan Jauh Hyundai Creta

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 08 Des 2022 17:09 WIB
Honda HR-V SE CVT
Honda HR-V lebih laris dari Hyundai Creta sepanjang Januari-Oktober 2022. Foto: PT Honda Prospect Motor
Jakarta -

Honda HR-V memang baru meluncur pada Maret 2022. Meski demikian, kehadiran Honda HR-V teranyar itu cukup dinanti masyarakat Indonesia. Terlihat dari angka penjualan Honda HR-V hingga Oktober 2022 sudah laku nyaris 20.000 unit secara retail (dari dealer ke konsumen).

Sang pendatang baru yang berusaha menjegal laju Honda HR-V, Hyundai Creta belum bisa menyaingi pencapaiannya. Sekadar informasi, Hyundai Creta pertama kali mengaspal di Tanah Air pada November 2021. Dari data penjualan retail yang diberikan masing-masing pabrikan, penjualan Honda HR-V terlihat lebih unggul.

Sepanjang Januari hingga Oktober 2022, sudah ada 19.638 unit Honda HR-V yang dikirim dari garasi konsumen. Sementara Hyundai menyebut penjualan Creta secara retail hampir menyentuh 14.000 unit. Kemudian untuk penjualan secara wholesales, HR-V juga masih lebih besar.

Untuk HR-V tercatat penjualannya mencapai 21.783 unit (termasuk model lama). Sedangkan Creta secara wholesales penjualannya mencapai 14.845 unit. Kendati demikian, Creta merupakan model yang memberikan kontribusi terbesar terhadap penjualan Hyundai di Indonesia. Dalam catatan Hyundai, Creta cukup diminati di wilayah DKI Jakarta, Bali, dan Maluku.

"Kami sangat senang dan bangga dengan hasil pencatatan penjualan selama periode Januari - Oktober 2022 yang meningkat secara signifikan," terang Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia Makmur dalam siaran persnya.

Berbeda dengan Hyundai Creta, HR-V bukan kontributor terbesar dari jajaran produk Honda. Khusus bulan Oktober, HR-V hanya memberikan 25% kontribusi untuk keseluruhan penjualan Honda.

Di sisi lain, Honda masih cukup terdampak dengan krisis chip semikonduktor. Honda HR-V merupakan salah satu model yang terdampak dengan langkanya chip semikonduktor. Untuk itu, konsumen harus menunggu lebih lama unitnya datang ke rumah.

HR-V bulan ini cukup terdampak produksinya. Jadi mohon maaf lagi ke konsumen bulan ini dan bulan Desember (tersendat pengirimannya). Pokoknya varian HR-V bulan ini dan bulan depan itu cukup terdampak pasokan chip semikonduktor. Biasanya kita bisa di 3.500 (unit), produksi ini hanya bisa sekitar 1.500 (unit). Jadi mohon maaf kepada konsumen yang harus menunggu lagi," ungkap Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM Yusak Billy awal November lalu.



Simak Video "Terpaut Jauh, Segini Angka Penjualan Hyundai Creta vs Honda HR-V"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT