Penasaran, Mengapa Ada Bunyi Tik-tik saat Lampu Sein Mobil Dinyalakan?

ADVERTISEMENT

Penasaran, Mengapa Ada Bunyi Tik-tik saat Lampu Sein Mobil Dinyalakan?

Septian Farhan Nurhuda - detikOto
Selasa, 06 Des 2022 15:07 WIB
Lampu sein mobil.
Kenapa lampu sein berbunyi tik-tik saat dinyalakan? Foto: Auto 2000.
Jakarta -

Detikers ada yang penasaran tidak sih, mengapa lampu sein mobil menimbulkan bunyi tik-tik saat dinyalakan? Padahal, di motor, lampu penanda itu tak menghasilkan suara apapun alias senyap.

Diketahui, saat hendak berbelok atau mengubah arah, pengemudi mobil biasanya menyalakan lampu sein. Hal itu dilakukan untuk memberi tanda kepada pengendara lain dari arah depan atau belakang.

Ketika lampu sein dinyalakan dan indikator di panel instrumen sudah mulai berkedip, biasanya ada bunyi tik-tik dengan jeda berdekatan. Suara gemeritik itu umumnya disesuaikan dengan irama kedipan lampu.

Lampu sein dan lampu rem mobilLampu sein dan lampu rem mobil Foto: Getty Images/iStockphoto/sandsun

Saat ini, sejumlah pabrikan telah memodifikasi bunyi tik-tik tersebut menjadi tik-tak, tik-tok, dan lainnya. Namun, pertanyaannya tetap satu, mengapa harus ada suaranya?

Asal Usul Lampu Sein Berbunyi Tik-tik

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita harus mundur jauh ke belakang. Sebab, lampu sein sendiri sudah digunakan sejak 1930 silam. Kala itu, merek roda empat asal Amerika Serikat, Buick yang pertama kali menggunakan komponen tersebut sebagai fitur standar kendaraan.

Disitat detikOto dari Mental Floss, Selasa (6/12/2022), dulu bunyi yang muncul saat mengaktifkan lampu sein berasal dari panas. Sebab, ketika pengemudi menyalakan lampu sein, perangkat elektronik pada mobil akan memanaskan per bimetalik yang membuatnya bersentuhan dengan potongan logam kecil.

Ketika dua komponen itu bersentuhan, arus listrik akan mengalir dan memberikan tenaga pada listrik untuk menyalakan lampu sein. Kemudian per bimetalik akan kembali ke kondisi seperti semula sampai lampunya mati dan proses akan terus berulang hingga menimbulkan bunyi.

Lampu Sein Mobil.Lampu Sein Mobil. Foto: Mental Floss.

Makin ke sini, teknologi makin maju. Perpindahan per tak lagi menggunakan panas, melainkan sinyal elektronik yang dialirkan ke elektromagnet melalui chip.

Mobil-mobil kekinian bahkan lebih canggih lagi. Kebanyakan komponennya sudah dioperasikan lewat sistem komputer. Dengan begitu, semua sistem bergantung pada perintah komputer termasuk untuk menyalakan sein.

Namun, bunyi tik-tik masih dipertahankan hingga sekarang. Sebab, jika dibiarkan senyap atau tak bersuara, pengemudi yang sudah terbiasa mendengarnya menjadi gelisah. Kini, bunyi tik-tik saat sein dinyalakan bersumber dari sistem audio kendaraan.



Simak Video "Kenapa Lampu Rem Harus Berwarna Merah dan Lampu Sein Kuning?"
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT