Alasan Subaru Belum Minat Jual Mobil 7-Seater di Indonesia

ADVERTISEMENT

Alasan Subaru Belum Minat Jual Mobil 7-Seater di Indonesia

Septian Farhan Nurhuda - detikOto
Senin, 28 Nov 2022 18:56 WIB
Jakarta -

Setelah sempat 'hilang' beberapa tahun, Subaru memutuskan kembali ke pasar Indonesia. Sebagai bentuk pengenalan ulang, mereka telah meluncurkan tiga model unggulan, yakni Subaru XV, Forester dan BRZ. Ketiganya mendapat respons baik di Tanah Air.

Menariknya, dari tiga model yang telah dikenalkan, tak ada satupun yang mengusung konfigurasi 7-seater atau tujuh penumpang. Subaru Forester dan XV punya lima kursi, sementara BRZ hanya dua. Padahal, permintaan pasar di segmen 7-seater masih paling tinggi di Indonesia

Manager Komunikasi dan Pemasaran, Ismail Ashlan mengatakan, Subaru memang berbeda dengan pabrikan Jepang lainnya. Sebab, fokus utama Subaru bukan pada penumpang, melainkan pengemudi. Itulah mengapa, mobil 7-seater tidak termasuk rencana jangka pendek mereka.

"Fokus kita sebenarnya lebih ke driving experience ya, pengalaman mengemudi. Jadi yang kita fokuskan ke pengemudinya. Itu terbukti lewat penjualan kita, kayak Forester laku sekali, BRZ juga penerimannya luar biasa. Indennya 10 bulan," ujar Ismail kepada detikOto di Tangerang Selatan.

"Jadi memang orang-orang yang menghargai pengalaman berkendara, orang-orang yang menghargai low center gravity, boxer engine dan brand Subaru sendiri, itu yang menjadi target market kita dan itu yang kita fokuskan," tambahnya.

Subaru Ascent 2023.Subaru Ascent 2023. Foto: Subaru

Ismail menyadari, permintaan mobil tujuh penumpang di Indonesia memang sangat besar. Namun, dia sekali lagi menekankan, fokus Subaru bukan ke arah sana.

"Untuk kebutuhan terhadap 7-seater mungkin Subaru Indonesia belum akan fokus di situ karena kami juga yakin kalau di Indonesia orang yang menghargai pengalaman berkendara akan lebih tahu kendaraan yang mereka butuhkan. Jadi fokusnya bukan di akomodasi, tapi pengalaman berkendara," ungkapnya.

Subaru Ascent 2023.Subaru Ascent 2023. Foto: Subaru

Di pasar global, Subaru sebenarnya punya SUV tujuh penumpang bernama Ascent. Bahkan, model terbarunya baru meluncur beberapa waktu lalu. Meski secara tampilan cukup familiar dengan pasar Indonesia, namun kendaraan itu dipastikan tak akan dijual di Tanah Air.

"Di pasar global betul ada Ascent yang punya konfigurasi 7-seater, tapi itu dibuat untuk pasar khusus dan hanya setir kiri," kata Ismail.

(sfn/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT