Laris Manis, Baru Satu Jam Ribuan Unit Toyota bZ4X di Thailand Diburu Orang

ADVERTISEMENT

Laris Manis, Baru Satu Jam Ribuan Unit Toyota bZ4X di Thailand Diburu Orang

Dina Rayanti - detikOto
Rabu, 23 Nov 2022 18:07 WIB
Vice President PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor Anton Jimmy Suwandy, Suraniwati Tjandrasa Finance Director PT Toyota-Astra Motor dan Takeshi Yamakawa Finance Director PT Toyota-Astra Motor saat peluncuran Toyota bZ4X di Jakarta, Kamis (10/11/2022).
Toyota bZ4X juga sudah diluncurkan di Indonesia. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Mobil listrik Toyota bZ4X mendapat penerimaan yang cukup baik di Thailand. Setidaknya 24 jam sejak Toyota Motor Thailand membuka pemesanan bZ4X, SUV listrik itu langsung diburu.

Mengutip pemberitaan Bangkok Post, Toyota mengklaim ada 1.064 pesanan bZ4X dalam waktu satu jam untuk bZ4X secara online dimulai pada pukul 20.00 pada tanggal 9 November.

Kemudian pada esok harinya, di waktu yang sama pemesanannya sudah mencapai 3.356 unit. Jenama Jepang itu mengaku angka pemesanan itu di luar ekspektasi dan kabarnya sistem pre-order sudah ditutup. Di Thailand, Toyota bZ4X ini dibanderol 1.863.000 baht atau kalau dirupiahkan Rp 808 jutaan (1 baht = Rp 434,14). Harga itu sudah dikurangi 150.000 baht atau Rp 65 jutaan yang merupakan subsidi dari pemerintah Thailand untuk mobil listrik dengan baterai lebih dari 30 kWh.

Sekadar informasi, Toyota bZ4X dilengkapi dengan baterai lithium-ion 71,4 kWh sehingga bisa memberikan tenaga motor listrik hingga 218 daya kuda dengan torsi 337 Nm. Sementara untuk akselerasi Toyota bZ4X bisa melaju 0-100 km/jam dalam waktu 6,9 detik dan kecepatan maksimumnya 160 km/jam.

Soal daya jangkaunya, bZ4X bisa menjelajah sejauh 411 km ketika baterai diisi penuh. Adapun untuk mengisi penuh baterai dibutuhkan waktu 9,5 jam dengan tegangan 230 Volt/23 Ampere. Sementara bila buru-buru, sistem fast-chargingnya bisa mencapai 80% dalam waktu 30 menit dengan daya 150 kW.

Toyota bZ4X memiliki interior yang lapang dan nyaman ala living room, dengan fitur panoramic roof. Dikombinasikan dengan layar sentuh 12,3 inci terbesar di mobil Toyota dengan menu navigasi disertai fitur konektivitas lengkap ke smartphone. Tersedia pula 9 buah speaker dari JBL dan pengecasan nirkabel (wireless charging).

Beberapa fitur safety lainnya meliputi Safe Exit Assist, Parking Surpot Brake, Intregation A-Pillar (enhance safety), Rear Cross Traffic Alert, Rear Camera Detection.

Toyota juga membekali bZ4X dengan fitur ADAS (Advance Driver Assistance System) generasi terbaru yang disebut TSS (Toyota Safety Sense) 3.0. Fiturnya meliputi Pre-Collision System with Pedestrian Detection, Lane Departure Alert with Steering Assist, Automatic High Beams, Lane Tracing Assist, Full-Speed Range Dynamic Radar Cruise Control, hingga Road Sign Assist.



Simak Video "Ketika Toyota bZ4X Dites Tabrak Secara Ekstrem, Bagaimana Hasilnya?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT