Jangan sampai Salah, Ternyata Begini Cara Baca Hyundai yang Benar

ADVERTISEMENT

Jangan sampai Salah, Ternyata Begini Cara Baca Hyundai yang Benar

Septian Farhan Nurhuda - detikOto
Sabtu, 19 Nov 2022 07:10 WIB
Logo Hyundai
Jangan salah, begini cara baca Hyundai yang benar. Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Tak hanya Eropa, merek mobil asal Korea Selatan juga sulit dilafalkan. Bahkan, hingga sekarang, masih banyak orang Indonesia yang belum mengerti cara baca Hyundai dengan benar. Nah, biar detikers tak ikut-ikutan keliru, yuk simak artikel ini hingga usai.

Disitat detikOto dari laman resmi Hyundai, Jumat (18/11/2022), Hyundai sebagai pabrikan otomotif berdiri pada 1967. Produk pertama mereka merupakan hasil kolaborasi dengan Ford Motor, yakni Hyundai Cortina. Kendaraan tersebut mulai dijual pada 1968.

Saat ini, Hyundai menjadi salah satu pabrikan roda empat Korea dengan penjualan tertinggi di dunia. Bahkan, perusahaan yang didirikan Chung Ju-yung tersebut pelan-pelan mampu mendekati penjualan merek tenar asal Jepang seperti Toyota, Honda dan Suzuki.

Hyundai Ioniq 5.Hyundai Ioniq 5. Foto: dok. Hyundai Solo Baru

Di Indonesia, Hyundai acap masuk dalam daftar 10 merek mobil dengan penjualan tertinggi. Bukan hanya mobil konvensional, penjualan mereka juga turut disokong kendaraan listrik.

Sayangnya, meski tingkat popularitasnya cukup tinggi, masih banyak orang Indonesia yang belum tahun bagaimana cara baca Hyundai dengan benar.

Cara Baca Hyundai

Dalam bahasa Korea, Hyundai memiliki arti modernity atau masa depan. Itulah mengapa, kendaraan yang mereka jual rata-rata memiliki model 'berani' dan terkesan tak biasa. Sementara slogannya New Thinking, New Possibilites atau 'pemikiran baru, kemungkinan baru'.

Saat ini, orang Indonesia terbiasa menyebut Hyundai dengan 'hiyunday'. Padahal, merek tersebut seharusnya dibaca 'handey' tanpa huruf 'Y' di depan. Cara membaca 'handey' hampir mirip seperti saat kita mengeja 'sunday'.

Hyundai Stargazer Buatan Cikarang Meluncur di VietnamHyundai Stargazer. Foto: Dok. Hyundai Vietnam

Namun, seperti yang kita tahu, lidah manusia berbeda-beda. Di Inggris, ada yang membaca Hyundai menjadi 'hay an dey' seakan-akan per suku katanya ditulis terpisah. Sementara mereka yang paham dan terbiasa dengan bahasa Inggris, rata-rata membacanya 'hyan dey'.

Selain Hyundai, merek lain asal Korea Selatan, KIA juga masih sering salah dilafalkan. Bukan kiya, merek tersebut harusnya dibaca kee-ah dalam bahasa Inggris dan ki-ah dalam bahasa Indonesia.



Simak Video "Terus Meroket! Hyundai Berhasil Jual 30 Ribu Lebih Unit Mobil di 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/dry)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT