Jos! Porsche 911 Dakar yang Bisa Offroad Mulai Diuji

ADVERTISEMENT

Jos! Porsche 911 Dakar yang Bisa Offroad Mulai Diuji

Tim detikOto - detikOto
Rabu, 16 Nov 2022 20:27 WIB
Logo mobil Porsche
Logo Porsche Foto: Tim DetikOto
Jakarta -

Pada ajang Los Angeles Auto Show 2022, Porsche mengatakan akan memperkenalkan varian spesial dari 911, yakni 911 Dakar terbaru. ya, benar banget Porsche 911 Dakar ini merupakan mobil sport dua pintu pertama Porsche yang bakal memiliki kemampuan offroad.

Dalam siaran resmi yang diterima detikOto, kini produsen mobil mewah asal Jerman ini telah melakukan pengujian lebih dari 10.000 km di wilayah Weissach dan diberbagai wilayah dunia lainnya, seperti di jalur uji Chateau de Lastours Prancis Selatan, dan daerah lainnya untuk menguji suspensi yang ditawarkan.

Pengujian yang dilakukan Porsche kali ini, tidak hanya dilakukan para teknisi Porsche, para pebalap Porsche juga ikut menguji Porsche 911 Dakar ikonik ini.

"Semua tim Dakar datang ke sini untuk menguji mobil mereka di Eropa sebelum reli," kata pembalap Porsche, Romain Dumas saat melakukan pengujian 911 Dakar di Chateau de Lastours.

Romain Dumas menceritakan bagaimana rasanya saat menguji Porsche 911 Dakar, dijelaskan awalnya para tim penguji cukup kebingungan dengan tugas mengemudikan 911 baru di Château de Lastours. Tapi keheranan terjawab dan berubah cepat menjadi kekaguman atas performa off-road yang ditawarkan.

Porsche Dakar 911 Dakar OffroadPorsche Dakar 911 Dakar Offroad Foto: Repro (Porsche 911 Dakar)/Tim detikOto

Bahkan saat harus melompat, lanjut cerita Romain Dumas, dirinya mengatakan hal itu tidak menjadi masalah berkat desain sasis yang kokoh dengan ground clearance yang lebih tinggi. Bahkan kenyamanan juga masih terasa saat melakukan drift. "Saya tahu apa yang bisa dilakukan 911 di jalan," Dumas menambahkan.

Tidak berhenti sampai di situ, Porsche 911 Dakar juga ikut diuji di atas jalanan salju dan es. Pengujian dilakukan dua kali juara reli Walter Röhrl di Arjeplog, Swedia. Selanjutnya Porsche 911 Dakar juga ikut diuji di gurun berbatu dan pasir, di Dubai dan Maroko dengan suhu mencapai 45 derajat, hasilnya dijelaskan sangat memukau dan tidak mengecewakan.

Namun cukup disesalkan, Porsche masih malu-malu membocorkan spesifikasi lengkap yang akan ditawarkan 911 Dakar offroad, kendati demikian mobil ini diklaim bakal layak ditunggu kehadirannya.



Simak Video "Bukan Lagi Khayalan, 7 Mobil Terbang Ini Siap Dirilis "
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT