Toyota Sudah Setop Produksi Innova Diesel?

ADVERTISEMENT

Toyota Sudah Setop Produksi Innova Diesel?

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 15 Nov 2022 07:03 WIB
New Kijang Innova dan New Fortuner
Toyota Innova Diesel bakal disetop produksinya? Foto: Dok. Toyota-Astra Motor (TAM)
Jakarta -

Beredar kabar Toyota Kijang Innova versi mesin diesel sudah mulai langka di dealer-dealer resmi Toyota sejak awal November 2022. Kelangkaan tersebut diduga karena pihak Toyota akan meluncurkan Innova Hybrid dalam waktu dekat ini. Apakah nantinya Innova diesel akan disuntik mati?

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, enggan menjawab pertanyaan tersebut untuk saat ini. Anton memastikan Innova diesel masih dipasarkan di beberapa dealer Toyota.

"Ada kok. Beberapa dealer masih ada yang punya stok (Innova diesel). Memang stoknya lagi terbatas. Itu aja yang bisa saya komentari ya," kata Anton di Jakarta, pekan lalu.

Menurut Anton permintaan konsumen terhadap Innova diesel masih ada. Bahkan Innova diesel masih lebih diminati daripada Innova bensin, dengan porsi antara 60 hingga 70%.

"Permintaan Innova diesel masih tetap ada," kata Anton.

"Nanti pada saat kita launch (Innova baru) teman-teman akan lebih aware (sadar) yang dimaksud dengan spekulasi itu, kenyataannya seperti apa. Tunggu dulu lah ya. Intinya kita memperhatikan suara konsumen, memperhatikan kebutuhan konsumen, dan kita memperhatikan juga tren ke depan seperti apa," kata Anton lagi.

Sebelumnya Toyota telah membocorkan teaser mobil baru yang mengusung mesin hybrid. Memang tidak disebut bahwa mobil itu adalah generasi terbaru Innova, namun kuat dugaan jika itu adalah model Innova Hybrid.

Teaser Toyota Innova HybridTeaser Toyota Innova Hybrid Foto: Dok. Toyota

"The new energy that comes with better power is on the way to energize you! (Energi baru yang hadir dengan tenaga lebih baik sedang dalam perjalanan untuk memberi Anda energi)," tulis Toyota Indonesia di saluran media sosialnya sambil menyisipkan siluet mobil baru dengan emblem hybrid.

Sebelumnya detikOto juga mendapat bocoran tanggal peluncuran Innova Hybrid dari salah satu wiraniaga Toyota di sekitaran Jakarta. Menurutnya, Toyota Innova terbaru ini akan meluncur pada 21 November 2022.

Toyota Innova baru dikabarkan hadir dalam beberapa tipe, mulai dari Innova G AT Bensin, G AT Hybrid, V AT Bensin, V AT Hybrid, dan yang termahal tipe Q Hybrid.

Kabar kemunculan generasi terbaru Innova dengan sistem hybrid sudah terendus sejak beberapa bulan terakhir. Bahkan sejumlah tenaga penjual Toyota sudah mulai membuka keran pemesanan.

Rumornya, Toyota Innova baru akan mendapatkan beragam fitur mewah. Di antaranya panoramic sunroof, captain seat, fitur canggih Toyota Safety Sense (TSS), T-Touch, serta power back door voice comand. Harganya mungkin di kisaran Rp 400-600 jutaan.



Simak Video "Innova Pakai FWD, Toyota Nggak Takut Konsumen Kabur?"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT