Tak Main-main, Ternyata Ini yang Bikin Avanza Dijuluki Mobil Sejuta Umat

ADVERTISEMENT

Tak Main-main, Ternyata Ini yang Bikin Avanza Dijuluki Mobil Sejuta Umat

Dina Rayanti - detikOto
Rabu, 09 Nov 2022 08:18 WIB
Perbedaan Toyota Avanza dan Veloz
Toyota Avanza tak sembarangan dijuluki mobil sejuta umat. (Foto: Dok.Toyota Astra Motor)
Jakarta -

Toyota Avanza merupakan salah satu model mobil yang cukup legendaris di Indonesia. Sejak perdana dikenalkan tahun 2003, Avanza masih eksis hingga saat ini dan kerap mendominasi penjualan mobil terlaris setiap bulannya, yang membuatnya dapat julukan 'mobil sejuta umat'.

Tahukah kamu apa yang membuat Avanza dijuluki sebagai mobil sejuta umat? Apakah semata karena mobil tersebut laris manis di Indonesia?

Ya, Avanza merupakan mobil yang pernah meraih rekor pencapaian penjualan tercepat 1 juta unit untuk semua kategori jenis mobil dalam kurun waktu 9 tahun yakni mulai tahun 2004 hingga Maret 2013.

Toyota Avanza juga diketahui menorehkan penjualan tertinggi selama 7 tahun berturut-turut dari 2006 hingga 2012 untuk semua kategori jenis mobil. Dalam catatan detikOto, pada tahun 2006 Avanza berhasil terjual 52.260 unit, 2007 terjual 62.010 unit, 2008 terjual 85.535, 2009 terjual 100.065, 2010 terjual 141.799 unit, 2011 terjual 162.367 unit dan 2012 lalu mencapai 192.146 unit.

Bicara penjualan, Avanza memang cukup perkasa. Banyaknya pendatang baru di segmen Low MPV pun tidak serta merta menggeser posisi Avanza dari Low MPV terlaris. Sekalipun tergusur, tidak lama setelahnya Avanza bisa kembali ke posisi puncak. Bahkan ketika wujudnya tak berubah banyak, Avanza tetap diminati.

Perbedaan Toyota Avanza dan VelozPerbedaan Toyota Avanza dan Veloz Foto: Dok.Toyota Astra Motor

Namun pada tahun 2021, Toyota melakukan ubahan besar pada Avanza. Mesinnya tetap sama, namun tampilan eksterior, interior, dan fitur di dalamnya berubah total. Hal itu tentu membuat Avanza makin laris. Buktinya, sepanjang Januari-Desember 2021 Avanza kembali menyabet gelar mobil paling laris di Indonesia.

"Avanza juga menjadi satu-satunya brand mobil ciptaan masyarakat Indonesia yang meraih 13 rekor MURI, dimana salah satu rekor yang diraih adalah Pencapaian Penjualan Tercepat 1 Juta Unit untuk Semua Kategori Jenis Mobil dalam kurun waktu 9 tahun. Terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kami sampaikan kepada seluruh pelanggan atas kepercayaan yang telah diberikan sehingga Avanza dapat tumbuh dan berkembang berdampingan dengan masyarakat Indonesia," ungkap Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor Henry Tanoto saat peluncuran Avanza generasi terbaru November 2021.

Berlanjut di tahun 2022, Avanza masih mendominasi setiap bulannya. Meskipun kini sudah berpisah dengan Veloz, tapi mobil sejuta umat itu terbilang masih kokoh. Terakhir pada September, Avanza kembali ke posisi puncak. Sepanjang bulan kesembilan itu, penjualan Avanza mencapai 6.855 unit. Jumlah itu paling banyak di antara deretan Low MPV lain seperti Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, hingga sang pendatang baru Hyundai Stargazer.

Setidaknya ada beberapa hal yang diyakini membuat Toyota Avanza masih kuat. Salah satunya adalah nilai jual kembali yang terbilang masih tinggi.

Tidak bisa dipungkiri, harga jual kembali menjadi pertimbangan tersendiri sebelum orang di Indonesia membeli mobil. Mengambil contoh, Toyota Avanza tipe 1.5 G TSS dengan banderol Rp 290 jutaan, di platform jual beli mobil bekas harganya masih di kisaran Rp 230 jutaan.



Simak Video "Kenapa Sih Toyota Avanza Dapat Julukan Mobil Sejuta Umat?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT