Wuling Almaz Hybrid Kok Enggak Punya Ban Cadangan?

ADVERTISEMENT

Wuling Almaz Hybrid Kok Enggak Punya Ban Cadangan?

Luthfi Anshori - detikOto
Sabtu, 05 Nov 2022 13:00 WIB
Wuling Almaz Hybrid tidak diberi ban cadangan, sebagai gantinya ada perangkat tire repair kit
Foto: Luthfi Anshori/detikOto. Wuling Almaz Hybrid tidak diberi ban cadangan, sebagai gantinya ada perangkat tire repair kit.
Jakarta -

Mobil-mobil baru yang dipasarkan di Indonesia umumnya sudah dibekali ban cadangan. Tapi pada Wuling Almaz Hybrid yang baru diluncurkan tidak dibekali perlengkapan tersebut. Kenapa ya?

Menurut Product Planning Wuling Motors Indonesia, Danang Wiratmoko, ada beberapa pertimbangan Wuling Motors tak lagi memberikan ban cadangan di Almaz Hybrid.

"Pertama karena alasan space (ruang), jadi mobil hybrid itu normalnya gendong baterai kan. Jadi space-nya kita alihkan dari untuk spare tire (ban cadangan) jadi baterai," kata Danang kepada wartawan di arena Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta, Jumat (4/11/2022).

Wuling Almaz Hybrid tidak diberi ban cadangan, sebagai gantinya ada perangkat tire repair kitWuling Almaz Hybrid tidak diberi ban cadangan, sebagai gantinya ada perangkat tire repair kit Foto: Luthfi Anshori/detikOto

"(Alasan) yang kedua. Secara regulasi pun kita sudah diperbolehkan tanpa ada spare tire, tapi harus dilengkapi pilihannya antara run flat tire, atau pakai tire repair kit. Jadi secara regulasi itu tidak masalah," sambung Danang.

Wuling sendiri mengompensasi ketiadaan ban cadangan dengan memberikan tire repair kit. Menurut Danang, alat penambal ban tersebut akan memudahkan konsumen.

"Tire repair kit itu praktis dan buat konsumen juga cukup memudahkan karena dia nggak perlu dongkrak lagi. Enggak perlu nyopot ban sendiri. Apalagi buat yang konsumen perempuan, karena kan mengganti ban kan buat perempuan itu sesuatu yang cukup susah, merepotkan," kata Danang lagi.

"Kalau pakai tire repair kit ini tinggal colok pompa elektrik, jadi secara fungsional, secara kepraktisan itu tidak mengurangi lah," tambahnya.

Untuk menggunakan tire repair kit tersebut, konsumen hanya tinggal mencolokkan ke lighter 12 Volt. Alat ini bisa untuk menambah angin ban dan menambal ban yang bocor.

"Repair kit ini juga dilengkapi sama cairan bannya. Jadi kalau bocor, tinggal pasangkan si cairannya ke kompresor, baru dihubungkan ke ban," kata Danang.



Simak Video "Canggih! Ini Wujud Wuling Almaz Hybrid Terbaru"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/dry)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT