Pindah ke Thailand, Ini Alasan Toyota Tak Lagi Produksi Vios di RI

ADVERTISEMENT

Pindah ke Thailand, Ini Alasan Toyota Tak Lagi Produksi Vios di RI

Septian Farhan Nurhuda - detikOto
Kamis, 13 Okt 2022 12:18 WIB
Toyota Vios Baru.
Toyota Vios yang dijual di Indonesia kini impor dari Thailand. Foto: TAM.
Jakarta -

PT Toyota Astra Motor atau TAM telah resmi meluncurkan Toyota Vios baru di Indonesia. Kini, kendaraan berjenis sedan itu tak lagi diproduksi di dalam negeri, melainkan impor dari Thailand. Lalu, apa alasan TAM mengambil keputusan tersebut?

Diketahui, sebelumnya Vios yang dijual di Indonesia diproduksi secara lokal di pabrik Toyota di Karawang, Jawa Barat. Kendaraan tersebut menjadi salah satu sedan entry level terlaris di dalam negeri, dengan penjualan retail 130 ribu unit sejak dikenalkan 19 tahun silam.

Kini, pada model generasi keempat, Toyota Vios tak lagi berstatus kendaraan lokal, melainkan impor dari Thailand. Anton Jimmi Suwandy selaku Direktur Pemasaran PT TAM memastikan, keputusan tersebut sudah dipertimbangkan secara panjang dan matang.

"Jadi, dengan adanya beberapa pergerakan produksi khususnya di plant 2 TMMIN, maka Vios baru diproduksi di Thailand. TMMIN sendiri ada peningkatan produksi khususnya untuk model Veloz," ujar Anton saat menjawab pertanyaan wartawan, Rabu (12/10/2022).

Toyota Vios Baru Meluncur di Indonesia.Toyota Vios Baru Meluncur di Indonesia. Foto: TAM.

Tingginya tingkat produksi Toyota Veloz membuat pabrikan mau tak mau memindahkan produksi Vios baru ke Thailand. Lebih lagi, menurut Anton, penjualan Veloz tak hanya tinggi di pasar domestik, melainkan juga di luar negeri.

"Permintaan Veloz untuk ekspor juga tinggi, secara keseluruhan memang ada peningkatan. Tapi, selebihnya, TMMIN masih beroperasi normal," kata Anton.

Diketahui, Toyota Vios baru yang meluncur di Indonesia memang tak jauh berbeda dengan yang muncul di Thailand. Kendaraan tersebut masih mengandalkan desain 'Keen Look' khas pabrikan yang serba tajam dan agresif. Hal itu terlihat dari fascia depan, samping, hingga belakang.

Toyota Vios baru menggunakan platform anyar bernama Daihatsu New Global Architecture atau DNGA milik Daihatsu. Sehingga, secara dimensi, kendaraan tersebut lebih panjang dibandingkan versi sebelumnya. Selain itu, ground clearance atau jarak tapaknya juga menjadi lebih tinggi.

Fitur, Mesin dan Harga Toyota Vios Baru

Toyota Vios baru juga mendapat pembaruan di bagian interior yang lebih elegan dan kekinian. Sementara di area kemudinya terdapat panel instrumen semi digital dengan layar TFT 7 inci dan layar hiburan 9 inci. Pengguna kendaraan juga bisa menghubungkan layar tersebut ke ponsel melalui Android Auto dan Apple CarPlay.

Toyota Vios Baru.Toyota Vios Baru. Foto: TAM.

Sedangkan untuk fitur keselamatan, mobil tersebut sudah dipasangkan ABS (Anti-lock Brake System), VSC (Vehicle-Stability Control), EBD (Electronic Brake-force Distribution), dan BA (Brake Assist). Bahkan, untuk varian tertinggi, pabrikan membekalinya dengan Toyota Safety Sense atau TSS.

Toyota Vios baru menggunakan mesin 2NR-VE 1.500 cc 4 silinder dengan muntahan tenaga 106 dk dan torsi puncak 138 Nm. Mesin tersebut dipadukan dengan dua pilihan transmisi, yakni manual 5 percepatan dan otomatis CVT.

Berikut daftar harga Toyota Vios baru:

• E Manual - Rp 314,9 juta
• G CVT - Rp 355,2 juta
• G CVT TSS - Rp 368,4 juta.



Simak Video "Irit! Konsumsi Bensin Mobil Baru Toyota Ini Tembus 32,6 Km/Liter"
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT