Jangan Ngarep Banyak, Beli Mobil Termurah di Indonesia Cuma Dapat Fitur Ini

ADVERTISEMENT

Jangan Ngarep Banyak, Beli Mobil Termurah di Indonesia Cuma Dapat Fitur Ini

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 06 Okt 2022 12:23 WIB
Daihatsu Ayla 1.0 D
Mobil termurah di Indonesia. (Foto: Dok. Aan Andri Setiawan/detikOto)
Jakarta -

Mobil dengan harga termurah di Indonesia dijual pada kisaran Rp 112-an juta, yakni Daihatsu Ayla. Dengan harga yang sangat ekonomis tersebut, fitur yang ditawarkan, bisa dikatakan, seadanya saja.

Istilah 'ada rupa ada harga' tampaknya cocok disematkan untuk beberapa mobil di Indonesia. Makin mahal harga mobil, fitur dan performa yang didapat biasanya juga tak main-main. Tapi sebaliknya, bila harganya murah jangan berharap pada fitur yang bakal didapat.

Misalnya jika kamu kepincut mobil termurah di Indonesia, tak perlu berharap banyak bakal mendapat fitur kelas atas. Mobil termurah di Indonesia bisa dipinang dengan menyiapkan uang Rp 112,8 juta. Dengan uang segitu, kamu bisa langsung membawa pulang Daihatsu Ayla 1.0 D M/T. Ini merupakan satu-satunya mobil baru yang harganya di bawah Rp 120 juta.

Tapi bagaimana dengan fitur-fiturnya? Fitur yang umum ditemukan pada mobil zaman sekarang seperti lampu LED belum tersedia di Ayla 1.0 D M/T. Di bagian eksterior, velgnya masih kaleng tanpa cover. Lalu di bagian interior juga tak banyak yang bisa didapat pengendara.

Kursinya masih berbahan fabric, kemudian ada garnish di pillar B. Instrumen panelnya berwarna gelap. Dari sisi kenyamanan, kursi di baris pertama bisa diatur maju mundur. Lalu indikator BBM juga sudah digital. Jangan kaget kalau tidak ada AC yang tersemat pada Daihatsu Ayla 1.0 D M/T ini.

Pasalnya, sejak awal meluncur Daihatsu memang tidak menyematkan pendingin udara di mobil termurah se-Indonesia ini. Radio pun tak tersedia di mobil mungil berkapasitas lima penumpang ini. Dari fitur keselamatan, hanya ada seat belt di baris pertama dan kedua serta Side Impact Beam.

Mobil ini juga belum dilengkapi dengan Electric Power Steering. Mobil menggunakan sistem kemudi Rack & Pinion. Suspensinya menggunakan Mac Pherson Struts dengan Per Keong. Dalam kondisi kosong bobot mobil hanya mencapai 770 kg, atau lebih ringan dibandingkan varian Ayla lainnya.

Dapur pacunya, tidak berbeda dengan Ayla varian 1.0 L lainnya yakni dengan mesin 3 silinder berkode 1KR-DE, DOHC 998 cc. Mesin itu dipasangkan dengan transmisi manual 5 percepatan. Berkat mesin tersebut, mobil termurah di Indonesia ini bisa menyemburkan tenaga setara 65 PS pada 6.000 rpm dan torsi 86 Nm pada 3.600 rpm.



Simak Video "Mobil Termurah di Indonesia Tanpa AC dan Radio, Emang Laku?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT