ADVERTISEMENT

Hyundai Creta Buatan Cikarang Bakal Ramaikan Jalanan Malaysia

Dina Rayanti - detikOto
Senin, 26 Sep 2022 09:12 WIB
Jakarta -

Hyundai Creta buatan Cikarang siap memenuhi jalanan di negeri jiran, Malaysia.

Diberitakan Paultan, Creta keluaran pabrik Hyundai di kawasan Delta Mas itu sudah mulai wara-wiri di Malaysia. SUV 5 penumpang tersebut juga sudah terlihat menggunakan pelat nomor Malaysia.

Sejauh ini, distributor Hyundai Malaysia masih enggan memberikan komentar soal kehadiran Creta di Malaysia. Kini hal lain yang turut jadi perbincangan adalah soal harga.

Seperti sudah disebutkan, Creta yang hadir di Malaysia disinyalir bakal dikirim dari Indonesia melalui perjanjian perdagangan AFTA (ASEAN Free Trade Area) dengan pajak rendah. Selain Malaysia, Creta yang digarap Hyundai Motor Manufacturing Indonesia juga dikabarkan telah mendarat di Thailand.

Mengutip data distribusi ekspor yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), HMMI memang sudah mengekspor Creta sejak Februari. Sedang untuk negara tujuannya adalah Asia Pacific, Vietnam, Timur Tengah dan Afrika, serta Filipina. Kalau diperhatikan nama Thailan dan Malaysia belum terdaftar secara spesifik, atau bisa jadi masuk dalam negara-negara Asia Pasifik.

Soal spek, Creta di Thailand juga tidak berbeda jauh dengan di Indonesia. Misalnya penyematan sistem hiburan berupa layar sentuh berukuran 8 inchi, instrumen klaseter digital berukuran 10,25 inchi, Wireless Charger, pengaturan AC otomatis, hingga sejumlah fitur keamanan.

Fitur keamanan yang dimaksud adalah 6 airbag, dan beberapa fitur Hyundai Smartsense. Untuk varian tertinggi, interiornya sudah dilengkapi lampu LED dan ambient light serta panoramic sunroof.

Di balik bonetnya, terdapat mesin 1.5 L yang sanggup menghasilkan tenaga 115 PS pada 6.300 rpm dan torsi 144 Nm pada 4.500 rpm. Tenaganya disalurkan lewat roda depan melalui transmisi Intelligent Variable Transmission. Di India dan Indonesia, SUV itu juga ditawarkan dengan pilihan transmisi manual enam percepatan.

(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT