ADVERTISEMENT

Honda HR-V dan BR-V Diuji Tabrak, Dapat Bintang Berapa?

Dina Rayanti - detikOto
Jumat, 16 Sep 2022 07:22 WIB
Honda HR-V dan BR-V diuji tabrak
Honda HR-V diuji tabrak. Foto: ASEAN NCAP
Jakarta -

Seperti mobil baru pada umumnya, dua SUV anyar Honda yakni HR-V dan BR-V melakoni uji tabrak yang dilakukan lembaga pemeringkat ASEAN NCAP. Dalam pengujian, dilakukan simulasi tabrak bagian depan, samping, sekaligus fitur yang dimilikinya. Ini bukan kali pertama ASEAN NCAP pada HR-V maupun BR-V.

Honda HR-V pertama kali diuji tabrak pada tahun 2015, menyusul setahun setelahnya Honda BR-V. Adapun untuk model terbaru ini mendapatkan hasil memuaskan. Keduanya sama-sama memperoleh 5 bintang dengan total skor masing-masing 81.38 poin dan 77.02 poin.

Honda HR-V dan BR-V diuji tabrakHonda HR-V dan BR-V diuji tabrak. Foto: ASEAN NCAP

Skor 81.38 dibukukan Honda HR-V setelah berhasil melewati serangkaian tes uji tabrak dari bagian depan dan juga samping nya serta pengujian fitur-fitur keselamatannya. Honda HR-V berhasil meraih skor 28.00/32 untuk kategori Adult Occupant Protection (AOP), skor 45.31/51 untuk Child Occupant Protection (COP), skor 19.50/21 untuk Safety Assist Technologies (SATs) dan 8.00/16 for Motorcyclist Safety (MS).

Beralih ke Honda BR-V dengan torehan skor 71.02 poin. mobil ini berhasil melewati serangkaian tes uji tabrak dari bagian depan dan juga samping nya serta pengujian fitur-fitur keselamatannya. All New Honda HR-V berhasil meraih skor 26.98/32 untuk kategori Adult Occupant Protection (AOP) kemudian 44.53/51 untuk Child Occupant Protection (COP), skor 16.50/21 untuk Safety Assist Technologies (SATs) dan 8.10/16 for Motorcyclist Safety (MS).

"Kami sangat senang bahwa Honda merupakan salah satu pabrikan yang konsisten untuk memastikan bahwa produk mereka dilengkapi teknologi keamanan aktif dan pasif. Di samping meningkatkan keamanan untuk penumpang dewasa, Honda juga inisiatif untuk mengembangkan teknologi pada SUV mereka sehingga bisa mencegah tabrakan dengan pengguna jalan yang rentan seperti pengendara motor," kata Sekretaris Jenderal ASEAN NCAP Dato'Dr.Khairil Anwar Abu Kassim dalam keterangan resminya, dilihat detikcom, Jumat (16/9/2022).

Penyematan teknologi keamanan pada mobil Honda untuk melindungi anak-anak juga diapresiasi ASEAN NCAP. Ini diharapkan bisa mencegah hal-hal tak diinginkan pada anak saat berada di dalam mobil.

"Kami juga senang Honda telah menggunakan teknologi Child Presence Detection di Honda HR-V sebagai standard. Dengan teknologi khusus itu, bisa mencegah insiden saat anak ditinggal di dalam mobil sekaligus mencegah kematian yang tidak dapat dihindari," kata Khairil Anwar.



Simak Video "Kamera di Spion Kiri Honda HR-V, Apa Gunanya?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT