Nasib Nissan March Sudah Tamat

ADVERTISEMENT

Nasib Nissan March Sudah Tamat

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 09 Sep 2022 08:06 WIB
Nissan March
Nissan March (Foto: Dok. Nissan)
Jakarta -

Tak terasa sudah 4 dekade atau 40 tahun umur Nissan March. Namun kabarnya mobil yang pernah dijual di Indonesia ini juga nasibnya bakal tamat di Jepang.

Dikutip dari Kyodonews, Kamis (8/9/2022) Nissan Motor Co akan menghentikan penjualan Nissan March di Jepang. Pabrik Nissan yang memproduksi March di Thailand bakal setop produksi untuk pasar Jepang.

Tapi perusahaan tetap akan menjual Nissan March di negara lain, yang diketahui punya nama Micra. Model tersebut kebanyakan dipasarkan di wilayah Eropa.

Menurut Asosiasi Dealer Mobil Jepang, penjualan domestik Nissan March ini mencapai sekitar 8.891 tahun lalu. Jumlahnya kurang dari 10 persenan dari volume penjualan Nissan Note pada tahun yang sama, yaitu sekitar 90.000.

Di pasar Jepang, penjualan Nissan March bahkan tertinggal dari mobil Toyota Yaris dan Aqua, serta Honda Fit.

Nissan akan berhenti menjual March setelah stok habis. Di beberapa pasar luar negeri, March akan terus dijual sebagai Micra.

Di Eropa, Nissan juga berencana untuk bersama-sama mengembangkan mobil tersebut dengan Renault SA dari Prancis yang akan menjadi penerus Micra.

Nissan March merupakan salah satu mobil populer di Jepang. March lahir pada bulan Oktober 1982, mobil ini dikenal mobil murah dengan efisiensi bahan bakar. Nissan telah menjual sekitar 2,6 juta unit secara total di Jepang.

Ketika model generasi keempat diluncurkan pada 2010, Nissan mengalihkan produksi kendaraan untuk pasar domestik dari pabrik Oppama di Yokosuka, Prefektur Kanagawa, ke Thailand karena biaya yang lebih rendah.

Nissan March pernah berkiprah di Indonesia tapi juga disuntik mati

March yang didatangkan dari Thailand bersaing dengan LCGC yang diproduksi secara lokal. Jika melihat data penjualan wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualan March cenderung menurun.

Pada tahun 2017, 2.416 unit March terjual sedangkan pada 2018 hanya 1.159 unit. Lalu pada tahun 2019 Nissan cuma mengirim 202 unit March. Terakhir Nissan March disuplai pada Oktober 2019, itu pun hanya 4 unit.



Simak Video "Sayonara! Nissan March Tak Lagi Dijual di Jepang"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT