Karimun Wagon R Listrik Ketangkap Kamera Lagi Dites

ADVERTISEMENT

Karimun Wagon R Listrik Ketangkap Kamera Lagi Dites

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 24 Agu 2022 18:33 WIB
Suzuki Karimun Wagon R Listrik
Suzuki Wagon R listrik (Foto: Facebook Abhishek Panjoo)
Jakarta -

Suzuki tampaknya sedang menyiapkan mobil listrik dalam bentuk Wagon R. Terungkap, Suzuki Karimun Wagon R versi listrik tertangkap kamera sedang diuji di India.

Dikutip media lokal India, BGR, Maruti Suzuki akan memperkenalkan Wagon R listrik yang ditunggu-tunggu. Sebuah mobil listrik WagonR terlihat di jalan raya, dekat dengan pabrik Gurgaon Maruti Suzuki.

Tampilan Wagon R listrik cukup terbuka tanpa ada kamuflase yang menghalanginya. Tampak Suzuki Wagon R hadir dengan beberapa perubahan desain dibandingkan model mesin bensin.

Suzuki Wagon R listrik tidak lagi memiliki grille depan, mengingat ini adalah mobil listrik yang tak memerlukan penampang radiator. Hilangnya grille radiator itu juga dilakukan untuk mengurangi jumlah hambatan yang dihadapi saat mobil bergerak.

Lampu depan juga berubah dari lebar dan besar menjadi ramping. Hal ini memberikan WagonR wajah yang sangat khas, dibandingkan dengan model sebelumnya. Rumah fog lamp telah dimodifikasi untuk mengakomodasi perubahan desain dari versi elektrik Wagon R.

Bagian belakangnya sedikit berbeda. Satu set lampu belakang menambah daftar pembaruan pada mobil listrik Wagon R ini. Sementara bagian sampingnya hampir identik dengan Wagon R versi mesin bensin.

Sementara itu, soal waktu peluncuran Wagon R listrik memang belum terungkap. Namun, Maruti Suzuki berkomitmen untuk memperkenalkan mobil listrik pertamanya pada 2025.

Di Indonesia, Karimun Wagon R sendiri sudah tidak lagi diproduksi. Penghentian produksi Suzuki Karimun Wagon R di Indonesia ini merupakan komitmen Suzuki untuk menghadirkan kendaraan ramah lingkungan.

Suzuki menyebut, mereka akan memfokuskan diri pada pengembangan kendaraan elektrifikasi. Ini dilakukan dalam rangka mendukung program percepatan pemerintah dalam menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 29% pada 2030. Hal ini juga menjadi bagian dari rencana jangka panjang Suzuki yang berkomitmen untuk memproduksi kendaraan ramah lingkungan yang sesuai kebutuhan masyarakat.

Tak menutup kemungkinan Wagon R versi listrik juga akan masuk Indonesia jika melihat komitmen dari Suzuki untuk menghadirkan kendaraan ramah lingkungan.



Simak Video "Deretan Mobil yang 'Punah' di Kelas Mobil Murah"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT