Innova Hybrid Bakal Meluncur, Tinggalkan Mesin Diesel?

ADVERTISEMENT

Innova Hybrid Bakal Meluncur, Tinggalkan Mesin Diesel?

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 23 Agu 2022 19:38 WIB
Mobil Diduga Innova Hybrid Muncul di Thailand
Mobil Diduga Innova Hybrid Muncul di Thailand (Foto: Facebook Veloz Club Thailand)
Jakarta -

Rumor kehadiran Toyota Innova terbaru semakin kencang. Muncul dugaan nama baru untuk Innova 2023. Toyota telah mendaftarkan nama Innova Zenix di Indonesia yang diprediksi jadi nama untuk Innova generasi terbaru.

Kabar yang paling santer adalah Innova akan menggunakan teknologi hybrid yang mengombinasikan mesin bensin dan motor listrik. Apakah Innova akan meninggalkan mesin diesel?

Saat ini Toyota Innova hadir dengan pilihan mesin bensin 2.000 cc dan mesin diesel 2.400 cc. Yang paling masuk akal untuk dijadikan versi hybrid adalah mesin bensin ketimbang diesel.

Media otomotif Autocar India mengabarkan, Innova generasi terbaru akan ditenagai mesin bensin hybrid. Bahkan kabarnya tidak ada mesin diesel untuk Innova.

Kemungkinan Toyota Innova terbaru akan ditenagai mesin 2.0 dengan Toyota Hybrid System II. Kabarnya kombinasi tersebut membuatnya memiliki biaya operasional yang lebih rendah daripada diesel.

"Sistem hybrid baru ini lebih ringan, lebih efisien dan dilengkapi dengan set-up dua motor, dikonfigurasi ulang untuk menghasilkan tingkat efisiensi yang tinggi serta peningkatan torsi," tulis Autocar India.

Rumornya, Toyota Innova generasi terbaru akan mengadopsi platform TNGA-C (Toyota New Global Architecture-C). Jika mengusung platform TNGA, berarti Toyota Kijang Innova akan meninggalkan platform IMV (Innovative International Multi-purpose Vehicle). Saat ini, platform IMV digunakan pada mobil-mobil seperti Kijang Innova, Fortuner hingga Hilux. Platform ini menggunakan penggerak roda belakang (rear wheel drive/RWD) atau penggerak four wheel drive (4WD).

Majalah otomotif India itu juga mengabarkan bahwa Innova generasi terbaru akan mengusung penggerak roda depan (front wheel drive/FWD). Ini berbeda dengan Kijang Innova saat ini yang menggunakan RWD.



Simak Video "Beli Innova Hybrid Hari Ini, Kapan Mobil Diantar ke Rumah?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT