ADVERTISEMENT

Ada Ayla EV di GIIAS, Honda Pertimbangkan Bikin Brio Listrik?

Septian Farhan Nurhuda - detikOto
Minggu, 14 Agu 2022 17:06 WIB
Daihatsu Ayla Listrik muncul do GIIAS 2022
Foto: Daihatsu Ayla EV (Luthfi Andhika/detikOto)
Jakarta -

Kemunculan Daihatsu Ayla EV di Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show atau GIIAS 2022 turut ditanggapi PT Honda Prospect Motor (HPM). Lantas, apakah mereka mulai tertarik meluncurkan Honda Brio versi listrik?

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM mengatakan, hingga kini pihaknya masih mempelajari, apakah akan mengonversi Brio menjadi mobil listrik, atau justru meluncurkan produk EV baru di segmen yang sama.

"Itu (kemungkinan bikin Brio listrik) masih kami pelajari dulu. Saat ini, kami masih menimbang-nimbang, apakah kami akan membuat model baru, atau konversi (model lama) ke listrik. Yang pasti kita cari tahu, mana yang peminatnya banyak," ujar Yusak Billy di arena GIIAS 2022 di ICE BSD, Tangerang.

Lebih jauh, Billy turut menanggapi munculnya Daihatsu Ayla EV yang sempat menyita perhatian di pameran. Meski Ayla EV masih sekadar konsep, dia mengapresiasi keputusan Daihatsu menghadirkan mobil tersebut.

"Itu (Ayla EV) kan masih konsep ya. Kita melihatnya elektrifikasi emang ke arah sana. Nanti segmen apa yang dijadikan ke sana (listrik), kita lihat kebutuhannya bagaimana," tuturnya.

Yusak Billy menjelaskan, elektrifikasi merupakan suatu keniscayaan. Sehingga, siap atau tidak, pabrikan harus menghadirkan unitnya. Saat ini, menurutnya, elektrifikasi perlu 'jembatan' untuk benar-benar sampai ke full listrik.

"Kalau kami kan dari bensin ke full listrik ya harus ada satu jembatan (hybrid) untuk mengenalkan elektrifikasi ke konsumen seperti apa. Tapi yang jelas, semua ke arah full listrik, mengikuti jenjang-jenjang yang ada," tegasnya.

Diketahui, Honda Brio sendiri merupakan salah satu tulang punggung penjualan Honda di Indonesia. Sepanjang Juli 2022 kemarin, mobil perkotaan itu terjual sebanyak 4.035 unit.



Simak Video "Daihatsu Pamer Mobil Listrik Ayla di GIIAS 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT