ADVERTISEMENT

Belum Ada di Avanza-Xpander, Apa Kelebihan Fitur Seat Back Table di Hyundai Stargazer?

Dina Rayanti - detikOto
Senin, 08 Agu 2022 13:14 WIB
Interior Hyundai Stargazer Prime
Seat Back Table Hyundai Stargazer di belakang kursi penumpang sisi kiri. Foto: Muhammad Hafizh Gemilang
Jakarta -

Captain Seat bukan satu-satunya fitur pembeda yang ditawarkan Hyundai Stargazer di segmen Low MPV. Ada juga fitur berupa Seat Back Table yang tersemat pada bagian belakang jok depan penumpang.

Seat Back Table merupakan sebuah meja lipat yang disediakan untuk memudahkan penumpang di kursi belakang di sisi kiri. Mengutip laman Hyundai Indonesia, penempatan Seat Back Table di sisi kiri dipilih agar pengendara bisa tetap leluasa mengatur posisi jok serta akses keluar masuk yang lebih mudah.

Pengoperasian Seat Back Table juga terbilang mudah karena tinggal menekan ujungnya ke bawah, maka meja akan terlipat.

Seat Back Table pada Hyundai Stargazer telah dilengkapi dengan cup holder seperti halnya pada kursi pesawat. Keberadaan cup holder ini diharapkan bisa mempermudah penumpang menaruh makan dan minuman di meja lipat tersebut.

Seat Back Table Hyundai Stargazer juga bisa dimanfaatkan untuk penumpang untuk meletakkan tablet dengan bobot maksimal 3,5 kg. Bila bobot lebih dari itu, kamu perlu waspada karena meja bisa saja patah dan rusak.

Fitur semacam Seat Back Table ini belum tersedia di Low MPV sekelas Mitsubishi Xpander, Avanza, hingga Suzuki Ertiga. Sebagai pendatang baru, tentunya Hyundai Stargazer memang harus membawa perbedaan sebagai daya tarik untuk konsumen.

Selain fitur, transmisi otomatis yang diusung Hyundai Stargazer juga berbeda dengan para rival di kelasnya. Hyundai Stargazer diketahui menyematkan transmisi IVT (Intelligent Variable Transmission). Pada dasarnya, transmisi IVT dan CVT di mobil lain tidak jauh berbeda karena sama-sama menggunakan puli dan belt sebagai pengganti gir.

Transmisi IVT juga disebut membuat pergerakan kendaraan lebih mulus dan responsif ketimbang transmisi otomatis konvensional. Di sisi lain, gesekan yang dihasilkan transmisi IVT juga kecil. Dalam laman resmi Hyundai dijelaskan, pada sistem IVT perpindahan gigi akan bekerja dengan memberikan sedikit pergerakan.

IVT juga sanggup mengubah rasio lebih cepat dari transmisi otomatis konvensional atau bahkan tidak terbatas. Tak jarang, IVT juga disebut transmisi Infinite Variable Transmission.



Simak Video "Veloz-Xpander Sudah Elektrik, Kok Stargazer Masih Rem Tangan Manual?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT