ADVERTISEMENT

Jemput Jokowi di Beijing, Hongqi L5 Juga Jadi Mobil Kepresidenan Xi Jinping

Dina Rayanti - detikOto
Selasa, 26 Jul 2022 19:34 WIB
Hongqi L5
Hongqi L5 juga diketahui menjadi mobil presiden Xi Jinping. (Foto: FAW Group)
Jakarta -

Hongqi L5 merupakan mobil spesial bagi para petinggi di China. Terutama bagi sang presiden Xi Jinping. Hongqi L5 merupakan mobil kepresidenan Xi Jinping yang menawarkan ragam keistimewaan. Tak heran kalau dalam kunjungannya ke Beijing, Presiden Joko Widodo dijemput oleh mobil termahal di China itu.

Sekadar informasi, Hongqi sendiri merupakan merek mobil mewah di bawah naungan First Auto Works (FAW) Group. Hongqi berarti 'bendera merah' sebagai simbol Partai Komunis di Negeri Tirai Bambu itu.

Sebagai mobil kepresidenan, Hongqi L5 kerap menemani Xi Jinping dalam beberapa kesempatan. Maklum, Hongqi L5 menawarkan kemewahan sekelas mobil-mobil Eropa.

Belum lagi ada fitur antipeluru dan penangkal bom di bagian pintu dan jendela yang siap melindungi sang presiden dalam bertugas. Saat ini, Xi Jinping diketahui menggunakan Hongqi L5 versi modifikasi yang disebut N501. Limosin itu juga diboyong Xi Jinping ketika melakukan lawatan ke beberapa negara.

Mengutip laman The Standard, Hongqi N501 melakoni debut perdananya saat Xi Jinping melakukan lawatan ke Senegal pada Juli 2018. Hal itu sontak membetot perhatian dari para pabrikan di seluruh dunia. Xi Jinping kemudian juga membawa Hongqi N501 itu ke pertemuan G20 di Argentina beberapa bulan setelahnya. Hongqi N501 juga diboyong ke Italia, Prancis, Monaco, Rusia, Korea Utara, Jepang, dan India pada tahun 2019.

Hongqi N501 kabarnya tidak dijual bebas. Mobil ini dibangun menggunakan platform dari limosin asal Jerman yakni Audi A6L dan dikerjakan oleh perusahaan patungan VW yang menaungi Audi, serta FAW Group.

Dimensinya tidak berbeda jauh dengan Hongqi L5 asli yakni memiliki panjang 5,5 meter dan bobot sekitar 3,1 ton. Mobil dibekali mesin 4.L V8 yang di atas kertas mampu menghasilkan tenaga setara 380 daya kuda dan dipasangkan dengan transmisi otomatis delapan percepatan. Desain Hongqi N501 sendiri sangat mirip dengan pendahulunya Honga CA770 yang juga sempat menjadi mobil kepresidenan pada tahun 1990an.

Sayang, seperti mobil kepresidenan lain di dunia spesifikasi lengkapnya tidak disebutkan. Yang jelas, fitur keamanan menjadi faktor utama dalam pengembangan mobil kepresidenan ini.



Simak Video "Momen Kemesraan Jokowi Bertemu Presiden Xi Jinping"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT