5 Fitur Mobil yang Dianggap 'Unfaedah'

ADVERTISEMENT

5 Fitur Mobil yang Dianggap 'Unfaedah'

Dina Rayanti - detikOto
Senin, 25 Jul 2022 09:39 WIB
Honda Jazz Sunroof
Sunroof dianggap sebagai salah satu fitur yang kurang berfaedah. (Foto: Honda India)
Jakarta -

Seiring kemajuan zaman, fitur-fitur pada mobil kian bertambah. Namun ternyata tak seluruhnya punya manfaat. Ada fitur yang, bisa dikatakan, tidak berfaedah. Apa saja?

Inovasi dan teknologi terus berkembang. Bisa dilihat semakin ke sini, fitur di dalam mobil kian canggih. Sederet pabrikan pun berlomba-lomba menghadirkan fitur kekinian untuk meningkatkan keamanan, kenyamanan, sekaligus memikat hati para konsumennya. Tapi tidak semua fitur tersebut bermanfaat. Ada beberapa fitur yang justru dianggap nggak berguna seperti dikutip laman Times Now News berikut.

1. Sunroof

Kehadiran sunroof menambahkan kesan mewah pada mobil. Sunroof sendiri merupakan fitur yang belakangan hadir di mobil-mobil modern. Meski begitu, sebagian orang justru merasa sunroof kurang berguna. Bagi yang sudah memiliki anak, sunroof terasa berguna. Biasanya, anak-anak berdiri di kursi untuk melihat keluar melalui sunroof. Pada dasarnya, kalau itu dilakukan ketika mobil berjalan tentu berbahaya. Di sisi lain, pemasangan sunroof juga memakan ruang kepala di dalam kabin.

Toyota Avanza dengan Sun roofSun roof mobil (Foto: Luthfi Anshori/detikOto)

2. Seatbelt Otomatis

Seatbelt otomatis terpasang pada mobil-mobil mewah. Ketika seseorang duduk di kursi, seatbelt otomatis akan langsung terkunci ke tempat pengaitnya. Tujuannya tentu bagus, untuk memastikan pengendara menggunakan seatbelt. Meski begitu, perkembangan fitur ini terbilang lambat dan masih kalah dengan seatbelt konvensional.

Times Now News justru menilai, fitur ini tidak terlalu berguna. Lebih berguna justru lampu pengingat seatbelt yang akan menyala ketika sabuk pengaman itu belum digunakan dengan baik.

3. Layar Sentuh Audio dan AC

Belakangan fitur ini makin populer. Umumnya tersemat di mobil-mobil premium. Tapi justru kehadirannya dinilai tidak penting-penting amat. Penggunaan layar sentuh justru membuat pengemudi harus mengalihkan pandangannya. Inilah yang dianggap berbahaya, karena bisa saja pengendara kehilangan fokus hanya untuk menyetel audio dan AC.

4. Navigasi Satelit

Alat navigasi berbasis satelit di mobil juga semakin banyak digunakan zaman sekarang. Namun, umumnya navigasi berbasis satelit di mobil ini responsnya lambat dan jarang akurat. Belum lagi, untuk beberapa model pengendara harus mengupdate sistemnya sehingga menghambat pengoperasian.

Untuk di daerah yang tidak memiliki sinyal bagus, navigasi satelit dianggap berguna. Namun untuk digunakan di jalanan umum, tampaknya navigasi ponsel bisa memberikan arahan yang lebih baik.

5. Wiper Lampu Depan

Fitur ini mungkin akan membantu pada mobil SUV yang digunakan untuk kebutuhan offroad. Pasalnya, lampu depan terkadang dipenuhi lumpur dan kotoran. Tapi untuk di mobil sekelas sedan atau hatchback, fitur ini tampaknya tidak memberikan manfaat.



Simak Video "Telegram Hadirkan Fitur Penerjemah Isi Chat"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT