ADVERTISEMENT

Daftar Mobil yang Kurang Laku Sepanjang Juni 2022

Tim detikcom - detikOto
Sabtu, 16 Jul 2022 19:05 WIB
Suzuki New Baleno
Penjualan Suzuki Baleno 0 unit sepanjang Juni 2022 lantaran ada model baru. Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta -

Tidak semua mobil bernasib mulus di Tanah Air. Berkaca pada data penjualan, beberapa model justru terlihat kurang mujur.

Mengutip data distribusi wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada Juni 2022, ada beberapa model yang penjualannya minim yakni di bawah 20 unit bahkan ada juga yang tidak dilirik sama sekali.

Pertama ada Suzuki Baleno. Tercatat sepanjang Juni 2022, distribusi Suzuki Baleno dari pabrik ke dealer 0 unit. Minimnya penjualan Suzuki Baleno di Indonesia sebenarnya sudah terlihat sejak April 2022. Di samping itu, nama Suzuki Baleno juga sudah menghilang dari situs resmi Suzuki Indonesia.

Usut punya usut, Suzuki tengah menyiapkan Baleno versi terbaru yang sudah meluncur di India pada Februari lalu. Meski begitu Suzuki masih merahasiakan waktu peluncuran dari Baleno versi anyar itu.

"Ada beberapa faktor, bulan Juni lalu kami fokus untuk All New Ertiga Hybrid dan juga akan ada rencana penyegaran untuk Baleno," jelas Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 4W Donny Saputra.

Selain Baleno, penjualan Toyota Sienta juga terlihat melempem. Sepanjang bulan keenam tahun 2022, dari empat model Sienta yang ditawarkan hanya 11 unit yang terdistribusi ke dealer-dealer. Meski di dalam negeri sepi peminat, nyatanya Toyota Sienta buatan Indonesia itu cukup laris di mancanegara. Sekadar informasi, Sienta yang diproduksi di pabrik Karawang juga turut diekspor ke Singapura dan Thailand.

Toyota Sienta WelcabToyota Sienta juga sepi peminat. Foto: Dok. Toyota-Astra Motor

Setelah Sienta, mobil dengan penjualan minim lainnya adalah DFSK Glory i-Auto. Masih dalam data wholesales Gaikindo, pada Juni 2022 distribusi Glory i-Auto ke dealer hanya mencapai 3 unit. Adapun bila ditotal dari Januari hingga Juni, penjualan DFSK Glory i-Auto memang tidak terlalu fantastis jumlahnya hanya 17 unit.

DFSK Glory i-AutoDFSK Glory i-Auto. Foto: Team Detik.com

Kemudian ada juga dua mobil premium asal Jerman yang sepi peminat. Mobil itu adalah Audi Q3 dan Q7. Baik Q3 maupun Q7 sama-sama tak menyumbang kontribusi penjualan pabrikan berlogo empat cincin sepanjang Juni 2022.

Berikut 5 model mobil yang kurang dilirik Juni 2022

1. Suzuki Baleno: 0 unit

2. Toyota Sienta: 11 unit

3. DFSK Glory i-Auto: 3 unit

4. Audi Q3: 0 unit

5. Audi Q7: 0 unit



Simak Video "Penjualan Mobil Meroket! Tembus 90 Ribu Lebih di Agustus 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT