ADVERTISEMENT

BYD T3 Dibeli Blue Bird Rp 650 Juta: Mirip Nissan Evalia, Bisa Tembus 300 Km!

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 14 Jul 2022 18:36 WIB
BYD T3 sebagai armada listrik baru PT Blue Bird Tbk
BYD T3 armada listrik baru Blue Bird (Ridwan Arifin/detikOto)
Jakarta -

Blue Bird menambah armada battery electric vehicles (BEV) terbaru, BYD T3. Ini merupakan MPV listrik pertama yang dijadikan taksi di Indonesia.

BYD T3 sudah lebih dulu digunakan di India dan Singapura. Blue Bird sudah memesan 50 unit, yang ditargetkan sampai hingga akhir tahun 2022. Biaya belanja mobil listrik ini lebih mahal dari mobil konvensional.

"Kira-kira (total investasi) harga Rp 650 juta tinggal dikalikan saja 50 (unit), dikali 30 persen dana yang kita pakai. Sisanya kan pakai pinjaman bank," ujar Wakil Direktur Utama Blue Bird Adrianto Djokosoetono.

Blue Bird bilang MPV listrik ini saat ini paling pas untuk mengakomodasi sebagai kebutuhan taksi. BYD T3 memiliki spesifikasi dengan kapasitas baterai 50,3 kWh yang bisa menyemburkan tenaga 120 hp. Alasan Blue Bird memilih model ini juga karena daya tempuhnya yang mencapai 300 kilometer dengan konsumsi energi 26 kWh/100 km.

Untuk pengisian penuh baterai dalam 1,3 jam, bisa menggunakan daya DC 40 kW, sedangkan pengisi daya AC 6,6 kW dapat mengisi penuh baterai dalam 7,6 jam.

Bentuk BYD T3 dirancang dengan konsep mobil pintu geser, berbeda dengan BYD E6 yang dipakai Blue Bird sebelumnya dengan gaya hatchback.

T3 awalnya diperkenalkan hanya untuk blind van. Namun, seiring berjalannya waktu, BYD T3 dilahirkan untuk mobil penumpang dengan kapasitas tujuh penumpang, termasuk sopir. Bangku baris kedua menggunakan model single seat terpisah, sehingga hanya mampu menampung dua orang di barisan tengah. Tetapi baris ketiga menggunakan jok baris yang bisa memuat tiga orang.

BYD T3 sebagai armada listrik baru PT Blue Bird TbkBYD T3 sebagai armada listrik baru PT Blue Bird Tbk (Ridwan Arifin/detikOto)

Sekilas dari luar BYD T3 mirip dengan MPV Nissan Evalia. Ternyata mobil ini juga menggunakan platform yang sama. Namun mendapat fasia dengan gaya berbeda untuk diferensiasi visual, demikian seperti dikutip Motorids.

Fitur yang ditawarkan termasuk keyless entry, push-button start, sistem musik dengan konektivitas Bluetooth serta kamera dan sensor parkir mundur. Kendaraan tersebut juga dilengkapi dengan transmisi otomatis. Fitur keselamatan seperti Anti-lock Braking System (ABS), Electric Parking System (EPB), Brake Override System (BOS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) menjadi bagian dari paket tersebut.



Simak Video "Wuling Air ev Masih Kemahalan, Harga Mobil Listrik Rakyat Harusnya Segini"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT