Wuling Punya Mobil Listrik Rp 250 Juta, Blue Bird Tertarik Beli?

ADVERTISEMENT

Wuling Punya Mobil Listrik Rp 250 Juta, Blue Bird Tertarik Beli?

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 14 Jul 2022 17:05 WIB
Wuling Air ev
Wuling Air ev Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta -

Wuling melahirkan mobil listrik termurah di Indonesia saat ini. Estimasi harganya Rp 250 jutaan. Blue Bird, sebagai perusahaan taksi yang gemar menggunakan mobil listrik, tertarik beli?

Wakil Direktur Utama Blue Bird Adrianto Djokosoetono mengungkapkan, untuk menjadikan mobil listrik sebagai armada taksi, terdapat empat poin utama, yakni durabilitas, kapasitas, jarak tempuh, dan harga.

"Terus terang kendaraan listrik itu rata-rata mahal, kalau harganya murah, kapasitasnya sangat kecil. Baik kapasitas penumpang hanya dua kursi atau empat kursi, yang kecil. Jarak tempuhnya juga hanya 150 kilometer sekali charge. Kita membutuhkan kombinasi semua itu," ujar Adrianto saat ditemui di kantor Blue Bird, Mampang, Jakarta Selatan, Rabu (14/7/2022).

Sebelumnya, Blue Bird menggunakan model BYD e6 dan Tesla X 75D. Tahun ini pihaknya akan kembali mengimpor dari China, BYD T3, yang merupakan MPV listrik.

"Dari sisi harga, range, kapasitas, dan track record, yang cocok dengan kita adalah BYD lagi. Tetapi kita terus melihat beberapa produsen yang saat ini sudah di Indonesia pun, kita lakukan tes, jarak tempuhnya berbeda atau lebih pendek, ada yang karena kapasitas duduknya, harganya lebih mahal ada yang karena macam-macam, tetapi kita tetap terus mencari alternatif karena target kita bukan hanya satu brand," terang dia.

Lebih lanjut, VP Teknik Blue Bird Bintarti A Yulianto menjelaskan kapasitas mobil yang terlalu mungil dirasa belum cocok sebagai armada taksi. Sebab, biasanya penumpang perlu membawa barang bawaan sehingga kapasitas perlu lebih besar.

"Kalau kita bicara jumlah seat, misalnya untuk bawa barang. Kalau itu tidak memungkinkan, kita tidak bisa pakai. Kecuali ada corporate yang minta," ujar dia.

Hal lain yang perlu disorot ialah jarak tempuh. Sebab, Blue Bird minimal bisa berjalan hingga 250 kilometer. Infrastruktur stasiun pengisian ulang juga belum sebanyak SPBU.

"Jarak tempuhnya dia butuh cas berapa kilometer, satu hari taksi itu sekitar 250 km jarak tempuhnya. Kalau dia tidak sampai itu, berarti di tengah-tengah harus charge," ungkap dia.

Sementara itu, Wuling Motors (Wuling) melakukan gebrakan di industri otomotif Indonesia dengan meluncurkan mobil listrik mungil, Wuling Air ev. Mobil listrik ini cocok buat harian karena memiliki daya tempuh hingga ratusan kilometer dan waktu pengisian ulang daya baterai yang relatif singkat.

"Untuk tipe standard range bisa menjangkau 200 km. Untuk tipe long range bisa menjangkau 300 km," kata Product Planning Wuling Motors Indonesia, Danang Wiratmoko, Rabu (13/7/2022).

Wuling telah membuka keran pemesanan untuk mobil listrik ini. Estimasi harganya Rp 250 juta untuk tipe standard range dan Rp 300 juta untuk varian long range. Banderol tersebut merupakan harga estimasi wilayah DKI Jakarta.



Simak Video "Sikat! Wuling Air ev Bekas KTT G20 Dijual Lebih Murah"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT