Sudah 2 Mobil Listrik 'Lahir' di Cikarang

ADVERTISEMENT

Sudah 2 Mobil Listrik 'Lahir' di Cikarang

Dina Rayanti - detikOto
Rabu, 13 Jul 2022 20:22 WIB
Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) meninjau proses perakitan mobil di Pabrik Hyundai Motor Manufacturing Indonesia di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (16/3/2022). Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik Hyundai Motor Manufacturing Indonesia yang berada di Bekasi, Jawa Barat, pada hari ini Rabu (16/3/2022) sekaligus meresmikan peluncuran mobil listrik Ioniq 5 pertama yang dibuat di Indonesia. ANTARA FOTO/Biro Pers, Media dan Informasi Setpres/Kris/Handout/wsj.
Sudah ada 2 mobil listrik 'buatan Indonesia' yang lahir di pabrik Cikarang. Foto: Biro Pers Setpres/Kris
Jakarta -

Perlahan tapi pasti, Indonesia mulai memasuki era elektrifikasi. Sejumlah pabrikan pun tengah mempersiapkan diri dengan menghadirkan ragam produk mobil listrik untuk masyarakat di Tanah Air. Tidak hanya menjual, deretan produk itu juga 'dilahirkan' di Tanah Air.

Sejauh ini sudah ada dua pabrikan yang diketahui memproduksi mobil listrik di Indonesia. Pertama ada Hyundai dengan mobil listrik Ioniq 5. Ioniq 5 sekaligus menjadi mobil listrik pertama yang dirakit di pabrik Hyundai kawasan Cikarang Jawa Barat.

"Mobil ini menjadi mobil listrik pertama yang dibuat di Indonesia yang diproduksi untuk memenuhi pasar Indonesia maupun pasar ekspor," ungkap Presiden Joko Widodo kala meresmikan pabrik Hyundai belum lama ini.

Tak mau ketinggalan dengan produsen asal Negeri Ginseng itu, pabrikan asal China Wuling pun memastikan mobil listrik pertamanya untuk Indonesia diproduksi di pabrik kawasan Delta Mas, Cikarang. Adalah Wuling Air ev, mobil listrik mungil berkapasitas empat orang yang siap menemani aktivitas masyarakat Indonesia. Air ev mengisi line produksi Wuling bersama dengan Confero, Cortez, Formo, dan juga Almaz.

Dibandingkan para pendahulunya, mobil listrik Wuling Air ev ini dibanderol dengan harga cukup terjangkau yakni Rp 250-300 juta. Brand and Marketing Director Wuling Motors Indonesia Dian Asmahani membeberkan salah satu rahasia Wuling Air ev bisa dijual dengan harga terjangkau adalah faktor produksi. Produksi di dalam negeri memungkinkan pabrikan menggunakan komponen lokal yang tidak membutuhkan biaya impor. Maka dari itu, harga jualnya bisa jadi lebih murah.

"Yang jelas salah satunya adalah karena mobil ini kan nanti dirakit di Cikarang," kata Dian saat dihubungi.

Ke depan, pastinya akan ada mobil listrik berlabel 'Made in Indonesia' lainnya yang menyusul Hyundai Ioniq 5 dan Wuling Air ev. Pasalnya beberapa pabrikan sudah menyatakan akan memproduksi kendaraan elektrifikasi di dalam negeri dengan ragam jenis mulai dari hybrid hingga listrik murni. Bukan tidak mungkin juga harga mobil listrik bisa jauh lebih terjangkau karena pabrik baterai juga sudah mulai dibangun di Indonesia.



Simak Video "Ternyata Ini Alasan Kenapa Mobil Listrik Masih Sepi Peminat di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT