ADVERTISEMENT

Pesan Toyota Land Cruiser, Konsumen Indonesia Harus Inden 3 Tahun Lebih!

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 07 Jul 2022 16:25 WIB
Jakarta -

Toyota Land Cruiser 300 saat ini sedang menjadi buruan. Dikatakan antrean pesanan salah satu mobil terbaik Toyota ini harus menunggu sampai bertahun-tahun, bagaimana nasib konsumen di Indonesia?

Auto2000 sebagai salah satu dealer resmi Toyota di Indonesia dengan memiliki cabang hingga 127 dealer, kecuali wilayah Indonesia Timur, rupanya ikut membuka keran pemesanan untuk Land Cruiser 300. Namun konsumen harus bersabar lantaran indennya yang mengular panjang, alias sangat lama!

"Kami tidak pernah menutup orang untuk melakukan order (Land Cruiser). Kami hanya menjelaskan model ini sangat lama, mungkin estimasi kami sudah mencapai berapa lama gitu ya. Konsumen harus setuju. Saya melakukan update, saya juga belum tau kira-kira bisa mencapai berapa lama, tapi so far di Auto2000 itu, kami menjanjikan di atas 3 tahun, kurang lebih ya," ujar National Division Head Auto2000, Yagimin saat ditemui di Menara Astra, Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis (7/7/2022).

Dia menambahkan Land Cruiser terbaru merupakan model yang paling terlama dalam antrean inden. Masalah pasokan jadi kendala utama.

"Inden yang paling lama itu Land Cruiser, itu sudah tahunan indennya. Tapi kalau produk lain yang masih cukup lama seperti produk diesel, karena memang permintaan yang masih sangat tinggi dan juga supply-nya terbatas," ujar dia.

Toyota Land Cruiser 300Toyota Land Cruiser 300 Foto: Doni Wahyudi

"Innova dan Fortuner ada masa inden, depend masing-masing tipe, dan juga warna tertentu. Tapi kalau di Auto2000 estimasi kurang lebih satu sampai dua bulan," tambah Yagimin.

Seperti diketahui Toyota Land Cruiser masih diimpor utuh dari Jepang. Dia bilang orang Indonesia sudah memesan ratusan unit mobil seharga Rp 2,3 miliaran ini.

"Kami tidak menargetkan apapun buat LC, kalau konsumen menanyakan dan punya minat. Kami akan membebaskan konsumen untuk memutuskan apakah melanjutkan pesanan atau tidak," ujar Yagimin.

Prinsipal Toyota di Jepang juga sudah meminta maaf kepada konsumen Land Cruiser 300 karena harus sabar menunggu hingga mendapatkan mobil yang diinginkannya.

Hal tersebut tidak lepas dari banyaknya pesanan yang membludak baik dari lokal hingga beberapa negara lain. Sejak pertama kali diluncurkan, Toyota melaporkan bahwa Land Cruiser 300 cukup diminati konsumen.

Awalnya, pabrikan asal Jepang itu memprediksi jika waktu inden hanya sekitar satu tahun, namun karena semakin banyak masyarakat yang melakukan pemesanan alhasil SUV mewah ini harus inden sampai beberapa tahun.

Selain faktor pemesanan yang membludak, penyebab inden hingga empat tahun itu diprediksi karena krisis komponen chip semikonduktor yang masih melanda secara global. Hal tersebut sudah terjadi selama beberapa bulan terakhir, membuat kapasitas produksi mobil di pabrik harus dipangkas.

(riar/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT