ADVERTISEMENT

Semua LCGC di Bawah 2.000 cc, Masih Bisa Beli Pertalite?

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 01 Jul 2022 13:13 WIB
LCGC tak isi bensin beroktan 92
Mobil LCGC masih bisa 'minum' Pertalite? Foto: Ridwan Arifin
Jakarta -

Konsumsi BBM mobil Low Cost Green Car (LCGC) ikut menjadi sorotan setelah ada kebijakan beli Pertalite wajib daftar. Pasalnya, Badan Pengatur Hilir (BPH) Migas tengah mengatur kendaraan mana saja yang berhak dan tidak lagi boleh mengkonsumsi Pertalite. Salah satu usulannya adalah melarang mobil dengan kapasitas 2.000 cc ke atas untuk konsumsi Pertalite.

"Mobil kluster baru dari pabrikan biasanya direkomendasi kan untuk menggunakan oktan tinggi, bisa lebih hemat dan pro lingkungan harapan kami begitu," kata Anggota Komite Badan Pengatur Hilir (BPH) Migas Saleh Abdurrahman menyoal BBM LCGC dikutip CNBC Indonesia.

Kalau kriteria tersebut disahkan, artinya mobil LCGC masih aman dan boleh mengkonsumsi Pertalite. Dari lima model mobil LCGC yang dijual di pasaran yaitu Toyota Agya, Toyota Calya, Daihatsu Ayla, Daihatsu Sigra, dan Honda Brio Satya kapasitas mesinnya maksimum 1.200 cc. Sesuai aturan, mobil LCGC memang paling maksimum memiliki kapasitas silinder sampai 1.500 cc.

Namun, soal BBM, pemilik mobil LCGC disarankan untuk mengkonsumsi BBM dengan oktan minimal 92 atau di atas Pertalite (RON 90). Anjuran itu tertuang dalam Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) nomor 36 tahun 2021 tentang Kendaraan Bermotor Roda Empat Emisi Karbon Rendah. Dalam pasal 4 butir 6 disebutkan bahwa mobil LCGC menggunakan penandaan informasi penggunaan bahan bakar dengan tingkat paling rendah octane number 92 untuk bensin atau cetane number 51 untuk diesel yang dicantumkan pada penutup tangki bahan bakar bagian dalam dan pojok bawah kaca belakang.

Imbauan untuk mobil LCGC menggunakan BBM oktan minimal 92 juga tercantum dalam Peraturan Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi tinggi nomor 29/IUBIT/PER/9/2014. Tercantum dalam BAB IIIA Perihal Penandaan, butir 4 aturan bahan bakar LCGC disebutkan bahwa:

Informasi penggunaan bahan bakar sebagaimana dimaksud pada angka 2 huruf a sebagai berikut:

- Untuk kendaraan bermotor dengan motor bakar cetus api berbunyi 'gunakan bahan bakar minimal Octane Number 92, dan
- Untuk kendaraan bermotor dengan motor bakar nyala kompresi berbunyi 'gunakan bahan bakar minimal Cetane Number (CN) 51.

Simak Video 'Ini Cara Beli Pertalite Nggak Pakai Aplikasi dan HP!':

[Gambas:Video 20detik]



(dry/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT