ADVERTISEMENT

Stargazer Dipamerkan Hyundai, Toyota Santai

M Luthfi Andika - detikOto
Selasa, 28 Jun 2022 08:28 WIB
Toyota All New Avanza dan All New Veloz Journalist Test Drive Bali
Ilustrasi all new veloz (Foto: dok. Toyota Astra Motor)
Jakarta -

Hyundai mulai memperlihatkan kisi-kisi dari salah satu produk Multi Purpose Vehicle (MPV) yang akan segera diperkenalkan, Hyundai Stargazer. Mobil asal Korea ini pun menjadi perhatian, mengingat Hyundai sebelumnya lebih memilih untuk bermain dan mengukuhkan dirinya sebagai pabrikan pertama yang memproduksi mobil listrik di Indonesia. Lalu bagaimana pendapat Toyota, sang market leader, mengenai kemunculan Stargazer?

Kehadiran Hyundai Stargazer di mata Toyota tidak terlalu menakutkan. Toyota menyebut kemunculan Hyundai Stargazer menjadi sinyal positif yang membuktikan pasar MPV menjadi pasar yang seksi untuk orang Indonesia.

"Yang pasti dengan bertambahnya pemain khususnya di segment ini (MPV), kami melihat yang pertama adalah potensi pasarnya akan semakin positif ya, dan impact-nya jelas ke konsumen nantinya karena pilihan semakin banyak," ujar Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy kepada detikOto.

Kendati demikian, Toyota tidak tinggal diam begitu saja dengan kehadiran Stargazer, dan memilih fokus melahirkan produk terbaik untuk memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia.

All New Toyota VelozAll New Toyota Veloz Foto: Istimewa

"Yang pasti kami akan terus liat ya perkembangan kebutuhannya, sehingga bisa memberikan paket produk, teknologi, fitur dan layanan yang lengkap sesuai kebutuhan ya," kata Anton.

Tampang Hyundai Stargazer resmi dirilis, nama mobil itu sudah muncul dalam laman Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Jakarta. Dalam laman itu, terlihat ada enam varian Hyundai Stargazer, dengan opsi transmisi otomatis dan manual. Soal harga, NJKB-nya mulai dari Rp 155 juta hingga tipe tertingginya Rp 202 juta. Tapi harga tersebut belum dikenakan pajak lain seperti PPnBM, PPn, dan BBNKB.

Namun Hyundai perlu mengetahui, Toyota saat ini masih menjadi raja segmen mobil Multi Purpose Vehicle (MPV), dengan pasar yang didominasi oleh Toyota Avanza dan Veloz, kemudian diikuti oleh Mitsubishi Xpander, Daihatsu Xenia, Ertiga, Wuling Confero, Mobilio hingga Livina.

Seperti dalam pemberitaan detikOto sebelumnya, sampai dengan Mei 2022, penjualan Toyota Avanza paling banyak di kelas low MPV ini. Sepanjang lima bulan pertama tahun 2022, penjualan Toyota Avanza mencapai 19.164 unit. Itu merupakan penjualan wholesales atau distribusi dari pabrik ke dealer dalam data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Selanjutnya, low MPV terlaris kedua adalah Toyota Veloz. Kembaran Avanza itu terjual sebanyak 16.661 unit. Kemudian di urutan ketiga ada Mitsubishi Xpander dengan 13.204 unit.



Simak Video "Toyota Buka-bukaan Jenis Pembeli Avanza dan Veloz Baru, Kalian yang Mana?"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT