Ketika Mobil Listrik Kia Disulap Jadi Ambulan

Hafizh Gemilang - detikOto
Jumat, 27 Mei 2022 13:45 WIB
KIA e-Niro Ambulan East Midlands Ambulance Service NHS Trust
KIA e-Niro dipercaya menjadi armada ambulan untuk organisasi pelayanan kesehatan nasional East Midlands Ambulance Service NHS Trust di Nottingham (dok. KIA)
Jakarta -

Mobil listrik Kia e-Niro dipercaya menjadi armada ambulan untuk organisasi pelayanan kesehatan nasional East Midlands Ambulance Service NHS Trust (EMAS) di Nottingham, Britania Raya.

Organisasi ini sejatinya sudah mulai mencari kendaraan listrik yang tepat untuk mereka sejak hampir tiga tahun. Akhirnya, mereka memutuskan untuk menggunakan Kia e-Niro sebagai kendaraan dinas yang menjemput pasien non darurat.

KIA e-Niro Ambulan East Midlands Ambulance Service NHS TrustTotal ada 16 unit KIA e-Niro yang dioperasikan oleh EMAS di fase awal. (Foto: dok. KIA)

"Kami terus mengevaluasi penawaran kendaraan listrik yang tersedia, yang berubah dan meningkat dengan produk baru yang diluncurkan dari tahun ke tahun. Kendaraan ini memiliki jangkauan yang sangat baik dan pabrikan sangat mapan di bidang teknologi ini," ujar Steve Farnsworth, Assistant Director of Operational Support EMAS dikutip dari keterangan resmi KIA.

Total ada 16 unit KIA e-Niro yang dioperasikan oleh EMAS di fase awal. Mobil listrik ini diplot sebagai pengganti dari mobil diesel yang selama ini menjadi ambulan mereka.

EMAS mengatakan, penggunaan mobil listrik KIA e-Niro sebagai kendaraan dinas mereka ternyata tidak menghambat pace kerja yang cepat. Sebab e-Niro mampu melaju sejauh 280-an mile dalam sekali pengecasan penuh, dan mereka hanya menempuh rata-rata sekitar 90 miles sehari.

"Mobil ini mampu menempuh jarak hingga 282 mil saat terisi penuh dan kendaraan Non-Emergency Patient Transport Service(NEPTS) kami menyelesaikan rata-rata 90 mil per hari, yang berarti satu kali pengisian daya dapat bertahan sehari tanpa perlu mengisi daya lagi," ujar Steve Farnsworth, Assistant Director of Operational Support EMAS.

KIA e-Niro Ambulan East Midlands Ambulance Service NHS TrustKIA e-Niro mengusung baterai lithium-ion polymer berkapasitas 64,8 kWh (Foto: dok. KIA)

Perlu diketahu, KIA e-Niro mengusung baterai lithium-ion polymer berkapasitas 64,8 kWh. KIA mengklaim, baterai ini dapat membawa mobil melaju hingga 285 km dalam satu kali pengisian penuh.

KIA e-Niro juga menggunakan motor listrik berdaya 201 HP dan torsi 255 Nm. Diklaim, mobil ini dapat melaju dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 7,8 detik saja.

Di pasar Eropa, KIA menjual beberapa model mobil listrik selain e-Niro yakni EV6 dan Soul EV. Namun untuk e-Niro sendiri, KIA Eropa menjual mobil ini dengan harga 34.995 poundsterling atau setara dengan Rp 646 jutaan.



Simak Video "Manis tapi Garang! Ini Wujud Mobil Listrik Rp 200 Jutaan dari Mitsubishi"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/din)