Lexus UX 2022 Disempurnakan, Apa yang Berubah?

Hafizh Gemilang - detikOto
Senin, 16 Mei 2022 12:19 WIB
Lexus UX Series model 2022
Lexus meluncurkan edisi terbaru dari seri urban compact cross-over mereka yakni seri UX (dok. Toyota Motor Corporation)
Jakarta -

Lexus meluncurkan edisi terbaru dari seri urban compact cross-over mereka yakni seri UX. Lini bawah dari keluarga SUV Lexus ini, hadir dengan sejumlah penyempurnaan dan teknologi yang kian canggih.

Mitsuteru Emoto selaku Lexus International Chief Engineer mengatakan seri UX ini awalnya dirancang sebagai mobil kompak yang menawarkan keasyikan berkendara dan nilai keselamatan berkendara yang tinggi. Kini tanpa mengurangi hal tersebut, seri UX juga dibuat lebih pas untuk kendaraan listrik.

Lexus UX Series model 2022Lexus merevisi bagian sasis dan kaki-kaki, hingga menambahkan beberapa perangkat anyar Foto: dok. Toyota Motor Corporation

"UX baru ini ditujukan untuk meningkatkan daya tarik kendaraan listrik, terutama HEV, dengan lebih mengembangkan pengalaman berkendara dan peralatan keselamatan canggih dengan cara Lexus yang unik," papar Mitsuteru pada rilis resmi yang dipublikasikan Toyota Global pada Jumat (13/5/22).

Target Lexus nampaknya memang ingin menyempurnakan sensasi berkendara dari seri UX ini. Ini tampak dari keseriusan mereka untuk merevisi bagian sasis dan kaki-kaki, hingga menambahkan beberapa perangkat anyar.

Seri terbaru UX ini mendapat sekitar 20 spot welding di bagian bodi samping, hingga are belakang pintu. Hal ini bertujuan untuk menambah struktur rigiditas dari mobil. Lexus seri UX terbaru juga mendapat beberapa racikan baru di bagian suspensinya.

"Selain itu, mobil itu dikendarai secara ekstensif di Toyota Technical Center Shimoyama untuk menyetel ulang EPS, peredam kejut, dan komponen lainnya," tulis Lexus.

Lexus UX Series model 2022Seri UX terbaru juga mendapatkan penyempurnaan di sektor fitur keselamatan Foto: dok. Toyota Motor Corporation

"Tujuannya adalah untuk mencapai respons linier yang dapat diprediksi dan sesuai dengan niat pengemudi, seperti sensasi deselerasi, kemudi, dan akselerasi yang mulus di semua situasi berkendara," lanjut mereka.

Lexus juga memberikan pelek baru berukuran 18 inci yang dipadukan dengan run-flat tires. Sepatu dari seri UX ini dikembangkan dengan pola tread baru, untuk meredam bising dari aspal.

Seri UX terbaru juga mendapatkan penyempurnaan di sektor fitur keselamatan. Lexus Safety System yang terdapat pada seri UX kini dibuat lebih canggih untuk mengurangi risiko kecelakaan.

Lexus Safety System pada seri UX terbaru ini meliputi fitur Pre-Collision System, Lane Tracing Assist, Dynamic Radar Cruise Control dengan tracking di berbagai kecepatan, dan juga Emergency Driving Stop System.

Lexus UX Series model 2022Lexus membenamkan fitur canggih berbasis smartphone ke seri UX terbaru ini Foto: dok. Toyota Motor Corporation

Selain itu, Lexus juga membenamkan fitur canggih berbasis smartphone ke seri UX terbaru ini. Fitur tersebut adalah Digital Key. Di mana, pemilik mobil ini akan bisa membuka-mengunci pintu hingga menyalakan mobil dari smartphone.

Lexus juga memberikan penyempurnaan pada bagian sistem multimedia dan instrumen kluster di kokpitnya. Selain memberikan koneksi USB berbasis Type-C, layar multimedia Lexus juga kini mengusung sistem operasi paling mutakhir.

Secara desain, tak banyak yang berubah dari seri UX ini. Lebih khusus, Lexus memberikan sedikit kosmetik penunjang ketampanan dari seri UX edisi F SPORT.

Lexus memberikan aluminum footrest, jok model sport, model setir baru, shift knop, hingga pedal baru untuk seri UX F Sport. Selain itu, tampak dari gambar yang dirilis oleh Lexus, UX baru ini juga mengusung model lampu depan dan belakang yang lebih segar.

Model terbaru dari seri UX ini rencananya akan mulai diluncurkan secara resmi pada musim panas 2022.



Simak Video "Impresi Pertama Lexus LX 600: Cocok Buat Para Pejabat"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/dry)