Orang Indonesia Kian Percaya Mobil China, Ini Buktinya

Dina Rayanti - detikOto
Sabtu, 23 Apr 2022 20:10 WIB
Booth Wuling di Jakarta Auto Week 2022
Mobil China mulai banyak diterima orang Indonesia. Foto: Dok. Wuling Motors
Jakarta -

Mobil China belakangan makin meramaikan persaingan di pasar otomotif Indonesia. Meski sebelumnya diragukan bisa bertahan lama, pada kenyataannya perlahan tapi pasti produsen mobil China mengakui bisa merebut hati masyarakat di Tanah Air.

Salah satu produsen mobil asal Negeri Tirai Bambu, Wuling misalnya yang mengklaim telah mendapat kepercayaan dari konsumen di Indonesia. Sejak pertama kali datang ke Indonesia, Wuling masih konsisten untuk memenuhi target jangka panjang yang dicanangkan.


Dari sisi penjualan, mengutip data distribusi wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada tahun pertamanya Wuling tercatat mampu melego 3.268 unit mobil ke konsumen. Kemudian setahun setelahnya pada tahun 2018, penjualannya langsung melesat hampir lima kali lipat menjadi 15.162 unit.

"Dilihat dari penjualannya aja kan sebenarnya dari tahun ke tahun meningkat. apalagi dari tahun 2021 recoverynya cepat artinya itu kan sudah menunjukan bahwa konsumen Indonesia percaya dengan produk Wuling," ucap Brand and Marketing Director Wuling Motors Dian Asmahani belum lama ini.

New Wuling CortezWuling terlihat rajin menyematkan ragam fitur pada mobilnya. Foto: (Ridwan Arifin/detikOto)

Tahun 2019, Wuling makin pede untuk menawarkan makin banyak model. Wuling pada tahun 2019 meluncurkan SUV Almaz. Mobil itu tidak hanya diproduksi untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri tapi juga diekspor. Sepanjang tahun 2019, 21.112 unit mobil Wuling laris manis di pasaran.

Pandemi juga turut melanda Wuling. Pada tahun 2020, penjualan retail Wuling merosot tajam menjadi 9.523 unit. Apa yang disebut terkait pemulihan penjualan Wuling Dian mungkin ada benarnya. Pada tahun 2021, penjualan Wuling langsung meningkat cukup tajam menjadi 23.920 unit.

Kalau membandingkan dengan para produsen Jepang memang jumlahnya belum seberapa. Tapi diantara pabrikan China lainnya, Wuling tercatat yang teratas.

"Karena kan produknya kita ada fitur-fitur yang sebenarnya bisa buat daily lifenya mereka terus secara durability, kualitas produk kan sebenarnya udah keliatan dan udah bisa dirasakan dan ini kan sebenarnya 2022 ini kita sudah masuk tahun kelima ya," tambah Dian.

Melihat Kesiapan Diler Wuling Terbesar di Jawa TengahMembangun layanan purna jual menjadi fokus Wuling untuk memanjakan konsumen Indonesia. Foto: (Rangga Rahardiansyah/detikOto)

Sejauh ini Wuling masih terus membangun layanan purna jual agar masyarakat lebih mudah merawat mobilnya. Sejauh ini sudah ada 130 dealer Wuling yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu, Wuling terus menghadirkan inovasi berupa fitur canggih pada deretan mobilnya.

"Masyarakat Indonesia dengan adanya satu layanan yang komprehensif seperti itu kan jadi lebih percaya dan sudah bisa diterima," pungkasnya.



Simak Video "Mobil China Makin Dipercaya Masyarakat Indonesia, Apa Buktinya?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)