ADVERTISEMENT

Bugatti Chiron Di-recall Gegara Ban Seharga Fortuner Bisa Retak

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 12 Jan 2022 15:55 WIB
Bugatti di Singapura
Bugatti recall Chrion Pur Sport karena ban seharga Fortuner bisa retak. Foto: Pool
Jakarta -

Bugatti melakukan penarikan kembali atau recall terhadap mobil puluhan miliar rupiah, Bugatti Chiron. Penyebabnya, gara-gara ban Bugatti Chiron Pur Sport gampang retak.

Bugatti Chiron merupakan mobil yang bisa diajak ngebut dengan kecepatan sangat tinggi. dengan tenaga 1.479 daya kuda, mobil ini bisa dipacu hingga 420 km/jam. Bayangkan jika saat mobil dipacu dengan kecepatan tinggi tapi kondisi ban retak. Jika terjadi pecah ban, bisa-bisa berakibat kecelakaan tragis.

Badan Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Amerika Seikat (NHTSA) menemukan potensi ban retak pada hypercar Bugatti Chiron Pur Sport. Tak cuma di Amerika, Bugatti Chiron Pur Sport di seluruh dunia berpotensi terdampak, yang sejauh ini ada 60 unit di dunia.

Bugatti mengatakan retakan mungkin muncul setelah kendaraan menempuh jarak 4.000 km. Pabrikan hypercar asal Prancis itu menyarankan penggantian ban Bugatti Chiron Pur Sports setiap 3.000 km atau 1,5 tahun. Bugatti memperingatkan pemilik mobil yang telah menjangkau jarak lebih dari 3.000 km atau 1,5 tahun tidak boleh mengendarai mobilnya sampai bannya diganti.

Menurut data NHTSA, Bugatti menemukan masalah tersebut pada bulan September selama inspeksi salah satu prototipe Pur Sport. Setelah berkonsultasi dengan Michelin, Bugatti dapat menentukan batch ban mana yang terpengaruh. Produksi model Pur Sport pun dihentikan pada bulan September hingga ban pengganti tersedia. Bugatti akan menghubungi setiap pemilik yang terkena penarikan dan perbaikan akan dilakukan secara gratis.

Bugatti Chiron Pur Sport sendiri dibekali ban Michelin Pilot Sport Cup 2R TR. Ban ini menjadi ban yang bisa dipacu paling ngebut untuk penggunaan jalan raya. Harganya, menurut situs Drivetribe mencapai US$ 41.919 satu set. Jika dirupiahkan, ban Bugatti Chiron Pur Sport ini seharga Rp 599,5 juta. Artinya, satu set ban Bugatti ini setara dengan harga Toyota Fortuner yang saat ini dijual mulai dari Rp 586.900.000 sampai Rp 630.500.000.



Simak Video "Bukan Main! Biaya Ganti Oli Bugatti Ternyata Setara Harga Innova Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT