Belum Juga Setahun, Eks Bos Opel Cabut dari Mobnas Vietnam

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 28 Des 2021 14:35 WIB
Tak butuh waktu lama bagi Vietnam mewujudkan mobil nasional pertamanya. Usai mengumumkan pada 2017 silam, mobnas yang diberi nama VinFast sudah diproduksi dan siap dikirim ke konsumen.
Mobil nasional pertama Vietnam, VinFast Foto: Kham/Reuters
Jakarta -

Vinfast, merek mobil nasional Vietnam harus merelakan kepergian Michael Lohscheller. Mantan eksekutif dari Opel ini mengundurkan diri dari jabatan CEO Vinfast per Desember 2021.

Dikutip dari Autonews, Selasa (28/12/2021) Michael Lohscheller memilih keluar dari VinFast karena alasan pribadi. Tidak disebutkan secara detailnya.

Lohscheller akan meninggalkan posisinya sebagai CEO VinFast, dan kembali ke Jerman. Dia baru seumur jagung di VinFast, Lohscheller bergabung dengan VinFast pada Juli 2021.

Kala itu, Lohscheller bertugas untuk mendorong VinFast menjadi "global smart electric car company" dengan pertumbuhan bisnis merek di Eropa dan Amerika Utara.

Kepergiannya cukup mengejutkan, sebab VinFast berada di puncak perluasan portofolio EV-nya di Consumer Electronic Show 2022. VinFast dijadwalkan untuk memperkenalkan kendaraan listrik segmen A, B dan C bulan depan.

"Merupakan suatu kehormatan untuk melayani VinFast dan orang-orangnya. Saya ingin berterima kasih kepada semua orang di VinFast untuk pengalaman yang luar biasa ini. Saya belajar banyak selama saya di Vietnam yang tidak akan pernah saya lupakan. VinFast lebih dari sekadar perusahaan muda, ini adalah kumpulan wanita dan pria yang didorong oleh hasrat dan komitmen kuat untuk melayani pelanggannya," kata Lohscheller dalam sebuah posting di profil LinkedIn-nya.

"Dengan debut AS di Los Angeles Show, VinFast sedang dalam perjalanan untuk menjadi merek listrik global. Saya yakin VinFast akan sangat sukses di Amerika Utara, Eropa, dan Asia dalam menjual kendaraan listrik pintar. Saya berharap yang terbaik bagi VinFast untuk petualangannya di masa depan. Terima kasih VinFast, terima kasih Vingroup, terima kasih Vietnam!" dia menambahkan.

Michael LohschellerMichael Lohscheller Foto: VinFast

Lohscheller akan digantikan oleh Le Thi Thu Thuy, yang juga akan mempertahankan gelar wakil ketua Vingroup.

Wanita itu akan ditugaskan untuk mengawasi kegiatan bisnis VinFast di pasar saat ini, seperti Vietnam, Amerika Serikat, Kanada, Prancis, Jerman dan Belanda, Le Thi Thu Thuy juga memimpin kegiatan survei pasar dan ekspansi ke pasar potensial lainnya.



Simak Video "Manis tapi Garang! Ini Wujud Mobil Listrik Rp 200 Jutaan dari Mitsubishi"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)