Low MPV yang Paling Banyak Diburu Orang Indonesia

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 20 Des 2021 20:00 WIB
detikoto melakukan uji irit dari 6 mobil tipe MPV dari berbagai macam pabrikan di bridgestone sirkuit, Karawang. Ke enam mobil tersebut adalah Wuling Cortez, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, Daihatsu Xenia, Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander. Grandyos Zafna/detikcom
Daftar Low MPV terlaris. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Segmen low MPV jadi salah satu kelas yang cukup banyak peminatnya di Indonesia. Bahkan, mobil paling laris di Indonesia sepanjang 2021 (sampai November) adalah mobil di segmen low MPV.

Low MPV menawarkan kepraktisan untuk berkendara. Muat sampai dengan tujuh orang penumpang membuat mobil ini diminati banyak orang Indonesia yang suka bepergian bersama keluarga.

Bulan lalu, beberapa low MPV di Indonesia mendapat pembaruan. Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia berubah total. Salah satu perubahannya adalah penggunaan platform baru dan mengalihkan penggerak ke roda depan (front wheel drive/FWD) dari sebelumnya pakai penggerak roda belakang (rear wheel drive/RWD).

Tak cuma Avanza-Xenia yang berubah, Mitsubishi juga melakukan pembaruan pada Xpander. Kini, Mitsubishi Xpander telah mengalami pembaruan di berbagai sisi. Tak cuma eksterior dan interior, Xpander dengan transmisi otomatis pun diubah jadi menggunakan transmisi CVT.

Lalu, siapa low MPV paling laris di Indonesia sampai dengan November 2021? Berdasarkan data penjualan wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Toyota Avanza yang termasuk Veloz menjadi low MPV paling banyak diburu orang Indonesia. Total penjualan Toyota Avanza sepanjang Januari-November 2021 pun cukup tinggi dan jauh di atas kompetitornya.

Data Gaikindo mencatat, penjualan wholesales Toyota Avanza mencapai 56.127 unit.

Rival terdekat Avanza adalah Mitsubishi Xpander (tidak termasuk Xpander Cross). Mitsubishi Xpander yang juga telah diperbarui bulan lalu dengan tampang dan transmisi baru tersebut terjual sebanyak 24.758 unit.

Kemudian, Daihatsu Xenia sebagai kembaran Avanza mencatat penjualan sebanyak 11.529 unit. Xenia menjadi low MPV terlaris ketiga setelah Xpander.

Di urutan keempat adalah Suzuki Ertiga. Low MPV Suzuki itu mencatatkan penjualan sebanyak 10.409 unit.

Berikut data penjualan low MPV sepanjang Januari-November 2021:

  1. Toyota Avanza: 56.127 unit
  2. Mitsubishi Xpander (tanpa Xpander Cross): 24.758 unit
  3. Daihatsu Xenia: 11.529 unit
  4. Suzuki Ertiga: 10.409 unit
  5. Wuling Confero: 8.513 unit
  6. Honda Mobilio: 5.199 unit
  7. Nissan Livina: 1.798 unit.


Simak Video "Banyak LMPV Baru, Mana yang Paling Laris?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)