Panas! Xiaomi Segera Bangun Pabrik Mobil, Oppo Ikut-ikutan Mau Bikin

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 30 Nov 2021 21:06 WIB
Logo OPPO
Logo Oppo Foto: Moch Prima Fauzi/detikcom
Jakarta -

Xiaomi berencana membangun pabrik mobil listrik yang bisa memproduksi 300 ribu unit di Beijing. Tak mau ketinggalan, Oppo juga mengikuti jejak untuk berkecimpung di industri otomotif.

Dikutip dari Livemint, pabrikan smarthphone Oppo coba masuk ke industri mobil listrik dengan dukungan infrastruktur dan dukungan moneter oleh BBK Electronic. Mobil listrik dari Oppo dilaporkan akan diluncurkan pada tahun 2024.

India jadi negara pertama yang disebut-sebut jadi pasar mobil listrik Oppo. Dalam laporan Businessinsider, pada awal bulan ini dilaporkan Oppo bersama dengan merek saudaranya Realme dan Vivo mengajukan aplikasi merek dagang untuk kendaraan listrik di India.

Oppo telah mengajukan merek dagang untuk kendaraan listrik, alarm untuk kendaraan, mobil, sepeda motor, roda kendaraan dan banyak lagi. Fakta ini tidak mengkonfirmasi bahwa Oppo memang akan meluncurkan EV di India tetapi menjadi mengisyaratkan rencana ekspansi produk perusahaan di luar smartphone.

Rencana Oppo untuk kendaraan listrik sudah dalam pengerjaan dan peluncurannya dijadwalkan pada akhir 2023 atau awal 2024. Adapun bagaimana bentuk dari EV dan lokasi pabriknya belum diketahui.

Kabar Oppo untuk membuat mobil listrik sempat tercium pada bulan Mei lalu. Sebab CEO perusahaan, Tony Chan telah mengadakan pertemuan dengan produsen baterai dan pemasok suku cadang untuk Tesla.

Well persaingan mobil listrik tentunya makin menarik, sebab kompetitornya, Xiaomi, berencana akan membangun pabrik mobil listrik di Beijing. Pabrik tersebut diprediksi akan mampu memproduksi hingga 300 ribu unit mobil EV per tahun, yang dimulai pada 2024.



Simak Video "Pilihan Makin Beragam, Ini Dia Mobil Listrik dan Hybrid Paling Laku di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)