Hyundai Creta Punya GPS Tracker, Polisi Bisa Akses?

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Selasa, 16 Nov 2021 11:34 WIB
Hyundai Creta
Wujud Hyundai Creta yang baru dirilis di GIIAS 2021 Foto: Ridwan Arifin
Jakarta -

Hyundai Creta punya fitur Hyundai Bluelink yang dapat digunakan oleh pemiliknya, untuk melacak mobil jika dicuri atau sekadar mencari lokasi tempat parkir mobilnya. Dengan adanya fitur ini, praktis Hyundai membekali Creta dengan GPS Tracker. Lantas, dapatkah pemerintah atau polisi mengakses posisi kendaraan jika diminta?

"Tak hanya fitur mendasar, Bluelink ini juga meliput fitur keamanan dan kenyamanan. Bluelink ini dapat terhubung dengan call center Hyundai, ketika pengendara menekan tombol SOS di mobil atau sistem membaca mobil sedang mengalami kecelakaan hingga airbag keluar," papar Putra Samiaji, Head of Before Service Hyundai Motors Indonesia kepada awak media pada Senin (15/11/21).

Untuk fitur keamanan yang dimaksud, ada fitur Stolen Vehicle Notification & Stolen Vehicle Tracking. Fitur ini akan beroperasi saat ada upaya pencurian kendaraan yang sedang terjadi, dengan cara mengirimkan notifikasi ke smartphone pemilik. Sehingga pemilik dapat mengidentifikasi posisi terkini dari Hyundai Creta mereka.

Fitur ini juga didukung oleh Stolen Vehicle Immobilization, yaitu layanan yang tersedia di aplikasi Hyundai Bluelink, yang memungkinkan pengguna untuk dapat menghubungi call center Hyundai dan meminta mobil yang dicuri untuk segera diberhentikan pengoperasiannya sementara waktu.

Saat ditanya oleh awak media tentang dapatkan pihak kepolisian atau pemerintah mengakses lokasi pemilik dari Hyundai Creta jika diminta, pihak Hyundai menjawab saat ini Hyundai dalam waktu dekat baru akan mengadakan peretemuan dan belum dapat memastikan dapatkah pihak tersebut mengakses lokasi Hyundai Creta.

"Kita saat ini dalam waktu dekat akan mengadakan pertemuan dengan authoritise, untuk memperkenalkan dan juga memberitahu kalau kita hadir dengan fitur keselamatan dan keamanan. Sehingga kita bisa memperkenalkan fitur ini, bahwa kita bisa bekerjasama dengan polisi dan juga ambulans," papar Putra.

"Nah dari situlah kita akan mendapatkan kesepakatan 'apakah kita bisa diminta atau tidak?'. Sehingga untuk saat ini kita belum bisa menyimpulkan," tutupnya.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa fitur ini dapat diakses oleh pemilik Hyundai Creta setelah memberikan izin dan mendaftarkan mobilnya ke Hyundai. Sehingga dengan tidak mendaftar, Hyundai tak dapat melacak mobil atau mengaktifkan fitur yang berhubungan dengan lokasi ataupun data yang sifatnya pribadi dan rahasia dari pemilik Hyundai Creta.

Simak video 'Creta Siap Tandingi HR-V':

[Gambas:Video 20detik]



(mhg/din)