ADVERTISEMENT

Dihimpit All New Avanza dan New Xpander, Gimana Nasib Suzuki Ertiga?

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 15 Nov 2021 19:08 WIB
PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memperkenalkan mobil MPV barunya, yakni All New Suzuki Ertiga Sport FF di GIIAS 2021. Yuk lihat.
All New Toyota Avanza dan Mitsubishi New Xpander hadir, gimana nasib Suzuki Ertiga?Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

All New Toyota Avanza dan Mitsubishi New Xpander baru saja diluncurkan di Indonesia dan meramaikan segmen low MPV (LMPV) yang sudah cukup lama tanpa kehadiran mobil baru. Meski kompetitornya sudah mendapatkan facelift, Suzuki Ertiga masih setia dengan model yang eksis sekarang. Seperti apa respons Suzuki melihat situasi Ertiga yang dihimpit dua kompetitor utamanya itu?

Diungkapkan Head of Product Development & Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Harold Donel, Suzuki turut senang dengan hadirnya banyak model baru di segmen low MPV, sebab hal itu bisa menggairahkan kembali pasar mobil low MPV yang marketnya sudah cukup banyak tergerus.

"Yang pasti kita pertama sangat mengapresiasi market LMPV ini kembali bergairah ya setelah mungkin beberapa tahun sedikit turun terus (penjualannya), kontribusi juga sekarang tinggal 15%, dulunya masih puluhan (persen). Mudah-mudahan dengan banyaknya varian baru LMPV di tahun ini yang ditelurkan di GIIAS (2021) itu bisa menggairahkan kembali market LMPV supaya nggak terlalu kalah dengan market-market yang lain," kata Harold kepada wartawan di arena GIIAS 2021, ICE, BSD City, Tangerang, Senin (15/11/2021).

"Dan kita Suzuki selalu menyambut positif untuk setiap produk-produk yang ada, dari teman-teman (APM) lain, dan itu akan membuat market otomotif lebih baik lagi dan juga konsumen bisa lebih memilih, produk mana yang paling diunggulkan," sambung Harold.

Harold tetap optimis Suzuki Ertiga bisa bersaing dengan para kompetitornya yang lebih fresh seperti All New Toyota Avanza dan Mitsubishi New Xpander.

"Tapi Suzuki tetap akan positif bahwa All New Ertiga masih tetap bisa kompetitif, bersaing dengan teman-teman yang mungkin baru diluncurkan di tahun 2021 ini," jelas Harold.

Sebagai informasi, di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 sendiri Suzuki telah meluncurkan New Suzuki Ertiga Sport FF. Model khusus ini tampil tampil lebih sporty, atraktif, dan modern berkat ubahan baru.

New Suzuki Ertiga ini juga dilengkapi fitur E-mirror, Electronic Stability Programme (ESP), dual SRS airbags, ISOFIX, ABS+EBD, Hill Hold Control untuk transmisi otomatis (AT), serta AC auto climate with heater, reverse camera & parking sensor, dan projector headlamp with LED DRL.

Menurut data Suzuki, model Ertiga yang ada saat ini terjual cukup banyak di tahun 2021. Sepanjang Maret-Oktober 2021, penjualan Ertiga menembus angka 8.561 unit (wholesales) atau tumbuh 338% dari penjualan wholesales Maret-Oktober 2020 yang hanya mencatat 1.954 unit. Tingginya kenaikan penjualan Suzuki Ertiga tersebut salah satunya disebabkan karena diskon PPnBM 100% yang diterapkan pemerintah pada tahun 2021 ini.



Simak Video "Seberapa Laku Suzuki Ertiga Hybrid yang Baru?"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT