Toyota Avanza Hybrid Mitos atau Rumor? Ini Jawaban Toyota

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 11 Nov 2021 20:43 WIB
All New Toyota Avanza meluncur di Indonesia (10/11/2021)
All New Toyota Avanza. Foto: Dok. Toyota Astra Motor (TAM)
Jakarta -

Santer kabar soal Toyota tengah menyiapkan Avanza berteknologi hybrid. Kabar yang beredar, Toyota Avanza akan disematkan teknologi eSmart Hybrid yang sudah ada di Toyota Raize dan Daihatsu Rocky di Jepang.

Kemarin, PT Toyota-Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan All New Avanza. Tapi, Avanza generasi ketiga ini belum memiliki versi hybrid.

Pihak PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang memproduksi All New Veloz menanggapi isu soal Avanza hybrid. Director External Affairs PT TMMIN Bob Azam malah meminta doa saat ditanya kemungkinan Avanza hybrid.

"Doain aja. Ya pasti kita berusaha memenuhi ekspektasi customer. Kita bisa memahami bahwa customer kita sangat berekspektasi ada model-model hybrid. Karena model-model ini bisa memberikan kesempatan bagi konsumen kita untuk partisipasi untuk mengurangi emisi. Karena trial yang kita lakukan, model hybrid ini bisa mengurangi penggunaan bahan bakar antara 30-50%. Kalau ini dilakukan secara luas kita bisa menghemat bahan bakar sekaligus emisi," kata Bob dalam peluncuran All New Avanza secara virtual, Rabu (10/11/2021).

Bob melanjutkan, penting bagi Toyota untuk menyediakan teknologi elektrifikasi yang bisa dijangkau konsumen. Sebab, selama ini mobil hybrid masih tergolong mahal.

"Jadi dengan adanya hybrid ini kita berharap konsumen dapat menjangkau teknologi elektrifikasi karena lebih ekonomis dan dengan demikian penghematan bahan bakar bisa dilakukan secara luas. Tidak mudah meng-introduce elektrifikasi di segmen-segmen tertentu. Ini tantangan buat kita, tapi kita selalu berusaha untuk memenuhi ekspektasi konsumen," ujarnya.

Bob mengatakan, strategi Toyota adalah dengan mengkonversi mobil-mobil yang sudah ada saat ini menjadi mobil elektrifikasi. Dari pernyataan Bob tersebut, tak menutup kemungkinan Avanza akan disematkan teknologi hybrid.

"Tahun depan kita sudah mulai dengan salah satu model kita, dan terus kita berharap 2025 at least 40% dari model kita sudah ada model elektrifikasi. Tahun 2030 kita berharap semua model sudah elektrifikasi. Dan elektrifikasi kita berharap dapat kita laksanakan dari model-model yang di-develop di Indonesia," ucapnya.

Apa saja model yang dikembangkan di Indonesia? Beberapa di antaranya adalah Toyota Avanza dan Toyota Innova.



Simak Video "Selisih Rp 50 Juta, Ini Perbedaan Harga Toyota All New Avanza dan Veloz"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)