ADVERTISEMENT

Resmi Dirilis, Toyota All New Veloz Tampil Gagah dengan Kabin Nyaman

Yudistira Perdana Imandiar - detikOto
Rabu, 10 Nov 2021 21:35 WIB
Toyota All New Veloz
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi memperkenalkan All New Veloz, Rabu (10/11). MPV 7-seater ini dihadirkan dengan mengedepankan aspek fungsionalitas sebagai mobil keluarga, serta diimbangi tampilannya yang stylish.

"Kami bersyukur Veloz diterima secara positif oleh masyarakat Indonesia sehingga menjadi salah satu merek MPV Toyota yang populer di Indonesia. Hari ini kami dalam semangat untuk menghadirkan ever-better car yang lebih lengkap, memperkenalkan All New Veloz. Mobil yang benar-benar baru dirancang untuk mewakili era baru mobilitas yang tidak hanya memberikan kenyamanan, tetapi juga kegembiraan dan keriangan dalam bergerak. Kami berharap All New Veloz dapat semakin memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia," kata Regional Operating Officer (ROO) Asia Region, Toyota Motor Corporation, Susumu Matsuda dikutip dalam keterangan tertulis, Rabu (10/11/2021).

All New Veloz tersedia dalam tiga (pilihan tipe yaitu Veloz M/T, Veloz Q CVT, dan Veloz Q CVT TSS (Toyota Safety Sense). Desain All New Veloz mengedepankan karakter gagah dan agresif. Ditandai dengan lekuk-lekuk meruncing pada sektor fascia, lengkap dengan grill besar yang membuat mobil tampak megah. Desain baru LED Headlamp berlekuk tajam yang terintegrasi dengan sequential turnlamp menegaskan karakter agresif.

Sisi kanan dan kiri mobil mengusung desain yang tampak berkelas, dilengkapi remarkable chrome window belt, fender line, dan kehadiran roof rail menyempurnakan tampilan mobil. Penerapan new side stone guard tidak hanya melindungi bodi samping, tetapi juga memperkuat kesan tangguh. All New Veloz juga dilengkapi dengan velg alloy 17 inchi dengan tampilan advance (Q CVT & Q CVT TSS) yang kokoh dan gagah, plus new foot lamp di bawah kaca spion samping untuk membantu penerangan di area gelap.

Beranjak pada sisi belakang eksterior All New Veloz, terdapat progressive rear combination lamp with full backdoor lamp untuk membuat tampilan lebih modern dan lebar. Kesan agresif dipertegas dengan sturdy rear bumper.

Gagah di luar, nyaman di dalam, ungkapan itu cocok untuk menggambarkan All New Veloz. Mobil ini memiliki kabin lapang, berkat dimensi body yang cukup besar, panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm dan jarak sumbu roda 2.750 mm. Untuk memanfaatkan ruang kabin, kursi All New Veloz dirancang untuk memiliki konfigurasi yang fleksibel sesuai kebutuhan pengguna, bahkan dapat disesuaikan menjadi seperti sofa di rumah untuk memberikan kenyamanan ekstra. All New Veloz menggunakan jok dengan lapisan new fabric & leather combination yang membuat mobil terlihat semakin stylish.

Untuk meningkatkan kenyamanan berkendara, disematkan fitur-fitur anyar seperti new leather tilt and telescopic Steering dilengkapi Audio & MID Switch dan pada tipe Q CVT terdapat Drive Mode Switch. MID TFT 7 inci menampilkan sederet informasi penting mengenai status kendaraan.

Sementara itu, untuk mengelola pemutaran multimedia dan konektivitas, terpasang head unit berukuran layar 9 inci. Head unit ini dilengkapi fitur advanced smartphone connectivity. Selain itu, terdapat new rear-seat entertainment pada tipe Q CVT & Q CVT TSS untuk akses hiburan bagi penumpang baris kedua dan ketiga.

All New Veloz mendapatkan fitur premium lainnya, seperti new electric parking brake with brakehold yang menggantikan tuas rem parkir konvensional hanya dengan satu sentuhan tombol. Mobil ini sudah mengadopsi sistem keyless, sehingga terpasang new start stop button. Ada pula fitur new auto AC yang secara efektif dan cerdas mendinginkan suhu kabin.

Fitur Keselamatan Pertama di Kelasnya

All New Veloz dilengkapi dengan fitur-fitur yang menjadi pionir di kelasnya, termasuk empat fitur keselamatan canggih Toyota Safety Sense (TSS) yang mengandalkan sensor dan radar. Fitur pertama, Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking yang mengandalkan sistem radar untuk membantu mengurangi risiko tabrakan dengan kendaraan lain di depan dengan memberikan daya pengereman hingga berhenti darurat jika diperlukan. Kedua, fitur Pedal Miss Operation Control yang mengurangi potensi kecelakaan akibat salah menginjak pedal gas, dengan menyetel alarm peringatan, menerapkan pengereman, dan membatasi distribusi tenaga agar mobil melambat.

Fitur ketiga adalah Lane Departure Warning dan Lane Departure Prevention yang membantu mencegah mobil berpindah jalur secara tidak sengaja di jalan, dengan memberikan suara alarm saat mobil bergerak menyamping di jalan lurus. Terakhir, fitur Front Departure Alert yang memberikan peringatan yang dapat didengar ketika mobil di depan tiba-tiba bergerak mendekat saat sedang mengantri di tengah kemacetan.

Kelengkapan keselamatan lainnya pada All New Veloz, antara lain rem cakram berventilasi 15 inci di depan dan rem cakram yang solid di belakang, yang diperkuat dengan fitur Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD) dan Braking Assist (BA). Terdapat 6 airbags (pengemudi, penumpang, samping, tirai) untuk Veloz Q CVT TSS yang memberikan keamanan lebih baik bagi seluruh penumpang.

Untuk mendukung kemampuan jelajah mobil, Toyota memberikan fitur Vehicle Stability Control yang menjaga kendaraan selama manuver cepat di tikungan dan Hill Start Assist untuk memastikan start yang mulus di jalan menanjak. All New Veloz juga dilengkapi dengan New All Round View Camera (Q CVT & Q CVT TSS) guna membantu pengguna memantau secara jelas situasi di sekitar mobil.

Selanjutnya, terdapat fitur Rear Crossing Traffic Alert yang memberikan notifikasi jika ada potensi tabrakan saat mobil mundur dan fitur Blind Spot Monitoring yang memberikan sinyal melalui grafik di kaca spion sebagai peringatan ketika ada mobil lain yang bergerak di area blind spot All New Veloz.

"Selama 10 tahun terakhir, seiring dengan meningkatnya kebutuhan mobilitas, kami telah mendengar banyak masukan, terutama dari para pengguna, untuk mengembangkan Veloz yang semakin sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu, kami telah mengembangkan mobil yang benar-benar baru dengan platform, teknologi, dan fitur baru, serta memperkenalkan All New Veloz kepada pelanggan. Sebuah MPV 7-seater baru yang tidak hanya akan menjadi partner yang dapat diandalkan, tetapi juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih untuk dinikmati pelanggan, dengan tampilan premium dan kehadiran yang kuat yang mampu mencerminkan kepribadian pemiliknya. Kami berharap All New Veloz dapat semakin memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan di Indonesia," tutur Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Fumitaka Kawashima.

Adopsi CVT dengan Penggerak Roda Depan

All New Veloz hadir dengan mesin 1.500 cc 2NR-VE yang menghasilkan tenaga 106 PS dan torsi 137 Nm, dilengkapi teknologi Dual VVT-i untuk menghasilkan tenaga yang memadai di seluruh putaran mesin dan mengoptimalkan efisiensi bahan bakar.

Generasi terbaru Veloz telah mengadopsi transmisi CVT yang dilengkapi dengan split gear baru untuk memberikan rasio gigi yang lebih lebar sehingga dapat menghasilkan akselerasi yang bertenaga dan mulus. Transformasi lainnya pada All New Veloz, yakni sistem distribusi tenaga mesin ke penggerak roda depan (Front Wheel Drive) yang diklaim mengoptimalkan tenaga mesin dan meningkatkan kenyamanan berkendara.

Di sektor kaki-kaki, Toyota mengoptimalkan geometri suspensi depan dan belakang serta karakteristik spring rate dan damper, sehingga All New Veloz mampu memberikan stabilitas pengendalian yang prima dan kenyamanan berkendara yang diperkuat dengan dimensi bodi lebar dan jarak sumbu roda yang panjang.

Konektivitas Digital Lewat T Intouch

All New Veloz juga didukung dengan fitur canggih terbaru Toyota, yakni T Intouch yang sebelumnya hanya diterapkan pada sedan premium New Camry. T Intouch adalah teknologi telematika yang terpasang di All New Veloz, yang menghubungkan mobil dengan aplikasi mTOYOTA, sehingga pelanggan dapat terhubung ke semua layanan mobilitas Toyota.

T Intouch memiliki beberapa fitur, seperti Find My Car yang dapat mengetahui secara akurat di mana kendaraan diparkir, dan fitur Geofencing yang memberikan peringatan saat kendaraan berada di luar zona resmi untuk memastikan keamanan pengguna.

Selain itu, T Intouch memiliki fitur E-Care (Maintenance) yang akan membantu mengatur pengingat untuk perawatan kendaraan secara berkala agar kendaraan pelanggan selalu dalam performa terbaiknya. Kemudian, terdapat fitur Inquiry & Support Center yang menawarkan bantuan langsung dari call center Toyota untuk membantu menyelesaikan masalah pelanggan. Selain itu, terdapat pula fitur Road Assistance yang menyediakan tombol SOS ketika pelanggan mengalami kecelakaan, untuk terhubung dengan call center Toyota lalu diarahkan ke penyedia Emergency Road Assistance (ERA) agar mendapatkan bantuan lebih cepat.

All New Veloz juga ditawarkan dengan Toyota Customization Option (TCO) yang mencakup beberapa jenis aksesoris, seperti Cargo Net dan Air Purifier yang bisa dibeli secara satuan atau paket. Khusus untuk varian yang belum mendapatkan T Intouch, TCO juga menyediakan fitur tersebut sebagai aksesoris opsional.

"Kami berkomitmen untuk mewujudkan Mobility Happiness for All. Untuk itu, All New Veloz yang merupakan karya anak bangsa kami lengkapi dengan berbagai layanan yang kami sediakan di beberapa touch points yang berbeda. Kami harap melalui All New Veloz sebagai bagian dari Total Mobility Solution, dapat mewujudkan mobilitas yang lebih menyenangkan dan personal bagi pelanggan di Indonesia," urai Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

Untuk memudahkan konsumen mendapatkan unit mobil Toyota, terdapat program pembiayaan EZDeal yang menawarkan cicilan rendah selama 6 tahun. Sesuai dengan namanya, program ini memiliki beberapa manfaat yang memberikan kemudahan terhadap mobilitas pelanggan.

Dengan EZDeal, pelanggan dapat memiliki All New Veloz dengan cicilan rendah mulai dari Rp 3,5 juta per bulan. EZDeal kini tersedia untuk enam model Toyota yang meliputi All New Veloz, All New Avanza, Rush, Raize, Yaris, dan Vios. Selain itu, EZDeal kini menawarkan program baru yaitu EZDeal Syariah yang menggunakan sistem berbasis margin yang disepakati pada saat pembelian dan bukan mekanisme berbasis bunga, untuk memberikan opsi pembiayaan yang lengkap bagi pelanggan.



Simak Video "Belum Sebulan Rilis, Hyundai Stargazer Sudah Laku 1.500 Unit"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT