Mitsubishi Xpander Terbaru Pakai Transmisi CVT, Ini Keunggulannya

ADVERTISEMENT

Mitsubishi Xpander Terbaru Pakai Transmisi CVT, Ini Keunggulannya

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 10 Nov 2021 06:41 WIB
Mitsubishi New Xpander Cross
Mitsubishi New Xpander terbaru menggunakan transmisi otomatis CVT. Foto: Muhammad Hafizh Gemilang
Jakarta -

Salah satu improvisasi terbesar pada Mitsubishi New Xpander dan New Xpander Cross adalah penyematan transmisi otomatis jenis CVT atau Continuously Variable Timing. Transmisi CVT ini menggantikan transmisi matic konvensional sebelumnya yang menggunakan torque converter. Lalu apa keunggulan transmisi CVT pada New Xpander?

Dijelaskan Director of Product Strategy Division PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Hikaru Mii, alasan Mitsubishi Xpander mengganti transmisi konvensional dan beralih ke CVT adalah karena permintaan konsumen Indonesia.

"Salah satu penyempurnaan yang luar biasa dari New Xpander dan New Xpander Cross adalah penyematan (transmisi) CVT yang menggantikan transmisi AT konvensional," kata Hikaru Mii dalam konferensi pers secara virtual (8/11/2021).

"Dan sama seperti item perbaikan lainnya, ini didasarkan pada hasil mendengarkan suara pelanggan," sambung Mii-san.

MMKSI mengklaim jika performa CVT di mobil ini memberikan keseimbangan terbaik, antara akselerasi yang maksimal dan tajam layaknya transmisi AT 8 percepatan, serta lebih efisien bahan bakar, juga menghadirkan perpindahan level kecepatan yang lebih smooth atau halus.

"CVT memiliki keunggulan untuk memastikan pengguna mendapatkan pengalaman berkendara yang menyenangkan dan tentunya memberikan efisiensi dan kenyamanan yang unggul," tukas Mii-san.

Selain transmisi otomatis CVT, Mitsubishi tentunya masih menyediakan pilihan transmisi manual pada New Xpander dan New Xpander Cross.

Sedangnkan untuk mesinnya tetap sama seperti model sebelumnya, yakni 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve dengan spesifikasi Euro4, yang menghasilkan output tenaga puncak 105 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 141 Nm pada 4.000 rpm.

(lua/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT